4 Amalan Dianjurkan di Bulan Syawal Menurut Ustadz Adi Hidayat

4 Amalan Dianjurkan di Bulan Syawal Menurut Ustadz Adi Hidayat

ustadz adi hidayat--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Bulan suci Ramadan telah meninggalkan kita dan telah melakukan begitu banyak amalan mulia di dalamnya, olehnya itu semangat kita perlu untuk senantiasa kita jaga dengan amalan berikutnya

Ada beberapa amalan bulan syawal yang jika dikerjakan maka bernilai pahala dan mendapatkan kebahagian yang berlimpah namun banyak umat muslim yang belum mengetahui.

Padahal amalan bulan syawal tidak hanya puasa syawal saja namun ada amalan yang efeknya hingga kehidupan setelah berpuasa.

Dilansir dari kanal Youtube Mentari Senja TV dengan pemateri Ustadz Adi Hidayat yang diunggah pada 27 Mei 2020. Berikut ulasan amalan khusus bulan syawal yang jarang diketahui :

 

1. Berbagi kebahagiaan dalam bentuk menjamu tamu

Amalan yang hanya bisa dilakukan di tanggal 1 syawal yakni merayakan Hari Raya Idhul Fitri setelah satu bulan penuh berpuasa.

"Satu-satunya ibadah kata nabi yang saat dikerjakan itu orang semua bahagia, hampir nggak ada yang mengeluh. Saya beri contoh begini tidak semua ibadah ketika dikerjakan suasana hari bahagia semua," paparnya.

Misalnya ada orang yang tidak bahagia ketika menjalankan ibadah sholat. Jika orang yang bahagia maka mendengar suara adzan sudah bahagia sehingga ada suasana hati bahagia.

Pada tanggal 1 syawal umat muslim baik yang khusyu ataupun tidak khusyu ibadah puasanya merasakan kebahagiaan.

Amalan yang dilaksanakan adalah menemukan fitrinya. Fitri yang dimaksud bisa ditafsirkan sebagai makanan.

BACA JUGA:Pahala Puasa Syawal Setahun Penuh, Berikut Tata Cara Puasa Syawal

Kata fitri berasal dari fitrun yang seakar dari kata futur dan kata kerjanya disebut iftar. Iftar berarti makanan pertama kali yang dimakan.

Dalam konteks Hari Raya Idhul Fitri adalah memberi jamuan yang merupakan puncak kebahagian karena sebelumnya berpuasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: