Ucapan Selamat Idul Fitri sesuai Sunnah Rasulullah Menurut Ustadz Adi Hidayat

Ucapan Selamat Idul Fitri sesuai Sunnah Rasulullah Menurut Ustadz Adi Hidayat

ustadz adi hidayat--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Hari raya Idul Fitri disambut sukacita umat muslim. Setelah sebulan perjuang dalam ibadah puasa, puncaknya dirayakan dengan lebaran Idul Fitri.

Sukacita perayaan lebaran juga diwujudkan dengan menyampaikan ucapan selamat idul fitri dengan kerabat, kolega hingga rekan kerja.

Umumnya saat Idul Fitri orang-orang mengucapkan ‘Minal aidzin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin’.

Tapi tahukah jika disampaikan Ustadz Adi Hidayat ada ucapan selamat Idul Fitri dengan kalimat yang sesuai dengan sunnah Rasulullah ﷺ.

“Sunnahnya saat kita sudah selesai puasa, itu kan masuk hari raya maka yang terekam dalam hadis sohih yang diriwayatkan dan dibudayakan oleh para sahabat, ulama, salafus salih adalah saling mendoakan,” kata Ustadz Adi Hidayat. 

BACA JUGA:Pemutihan Setelah Lebaran 2023, Pajak Bisa Bayar Lewat Gopay, Kantor Pos dan Alfamart

BACA JUGA:Aplikasi Penghasil Uang Tercepat! Login 2 Menit Dapat Saldo DANA Rp300.000

Kalimat yang umumnya diucapkan seperti ‘Minal Aidzin Wal Faidzin’ juga tidak salah jika diucapkan meskipun bukan yang disunnahkan.

“ Adapun kalimat minal aidzin wal faizin itu oleh orang-orang belakangan khususnya di Indonesia,” ujar Ustadz Adi Hidayat.

Lantas doa apa yang diucapkan kepada saudara sesama muslim di momen hari raya Idul Fitri? Ustadz Adi Hidayat juga menerangkan waktu pengucapannya.

“Hendaknya kita saling menyelamati dengan ucapan doa تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ وَ تَقَبَّلْ ياَ كَرِيْمُ (taqabbalallahu minna wa minkum),” ujarnya. Makna dari doa tersebut adalah ‘semoga Allah menerima dari kami dan kamu semua (atas ibadah yang kita tunaikan selama ramadan). Maka terimalah wahai Maha Pemurah.’ 

Doa tersebut sudah bisa disampaikan kepada sesama muslim seusai malam iktikaf terakhir di bulan ramadan, menurut Ustadz Adi Hidayat. 

BACA JUGA:Pesan Ustadz Adi Hidayat Amalkan Puasa Syawal Dapat Pahala Setahun Puasa, Begini Cara dan Niatnya

BACA JUGA:20 Dzikir yang Diajarkan Rasulullah, Kata Ustadz Adi Hidayat Rezeki Terbuka Lebar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: