Pilih Sekolah Umum atau Madrasah, Mana yang Lebih Baik?

Pilih Sekolah Umum atau Madrasah, Mana yang Lebih Baik?

--

BENGKULUEKSPRESS.COM-  Banyak pilihan sekolah untuk anak agar mendapatkan pendidikan yang layak. Ada sekolah umum yang terdiri dari SD, SMP, SMA baik negeri maupun swasta. Ada pula sekolah agama yang negeri atau swasta seperti MI, MTS, MA, dan pesantren.

Orang tua bisa memasukkan anak ke sekolah mana saja, tergantung dari minat bakat serta keinginan dari anak. Jangan sampai Anda memaksakan kehendak. Misalkan, Anda alumni dari sekolah agama lalu memaksa anak Anda juga harus masuk ke sekolah yang sama.

Itu akan membuat anak jadi tertekan, apabila sebenarnya mereka tidak ingin masuk ke sekolah agama seperti madrasah atau pesantren. Nah, berikut ini beberapa pertimbangan bagi Anda, sebaiknya pilih sekolah atau madrasah untuk masa depan anak kelak.

BACA JUGA: Ini Dia 30 SMA Swasta Terbaik di Indonesia Berdasarkan Nilai UTBK

Mengikuti saran orang tua

Apabila anak bingung ingin meneruskan jenjang pendidikan ke mana, orang tua bisa memberikan saran agar mereka bisa memutuskan. Ingat, Anda tidak boleh memaksakan kehendak pada anak.

Ajak anak berdiskusi bersama tentang pilihan sekolah yang mereka inginkan. Solusi dari diskusi tersebut haruslah kedua belah pihak terima dengan lapang dada. Jika anak lebih memilih sekolah umum dan mengikuti sekolah agama seperti TPA atau pengajian di sore harinya, orang tua juga tetap mendukung.

Pertimbangan biaya pendidikan

Biasanya, sekolah agama ada yang lebih murah biayanya daripada di sekolah umum. Namun banyak juga yang sekolah agama, biayanya lebih mahal dari sekolah umum. Ini bisa menjadi pertimbangan Anda untuk pilih sekolah atau madrasah. Meskipun murah, bukan berarti kualitasnya murahan, ya! Terbukti banyak lulusan sekolah agama yang sukses dalam hal karir pekerjaannya di masa depan.

BACA JUGA:Pendaftaran Beasiswa SEMESTA 2023 Telah Dibuka, Bisa Kuliah Gratis S1 dan Gaji Bulanan

Semua ilmu tetap anak dapatkan

Mau di sekolah umum atau sekolah agama, semua ilmu atau mata pelajaran akan anak dapatkan. Di sekolah agama, selain mempelajari tentang agama secara mendalam, juga terdapat beberapa mata pelajaran umum yang biasanya ada pada sekolah umum. Di sekolah umum, anak pun bisa mendapatkan mata pelajaran agama di setiap minggunya sesuai dengan jadwal yang ada.

Lebih dekat jaraknya dari rumah

Lokasi sekolah bisa menjadi pertimbangan Anda dalam menentukan pendidikan untuk anak. Hal ini bertujuan agar anak tidak kelelahan dan bisa mengakibatkan mereka tidak fokus belajar di sekolah, sekaligus lebih mudah untuk mengawasi anak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: sekolah umum atau madrasah