Kapan Idul Fitri 2023? Begini Prediksi Lembaga Astronomi Internasional

Kapan Idul Fitri 2023? Begini Prediksi Lembaga Astronomi Internasional

pemantauan hilan di kawasan arab--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pusat Astronomi Internasional (IAC) yang berbasis di Abu Dhabi mengeluarkan klarifikasi. Ini terkait informasi perkiraan 1 Syawal 1444 H atau Idulfitri hari pertama diprediksi yang jatuh pada Sabtu (22/4/2023).

“Beberapa media telah menerbitkan sebagian berita berkaitan dengan Pusat Astronomi Internasional. Kami ingin klarifikasi bahwa Pusat Astronomi Internasional bukan otoritas yang berhak menyampaikan pengumuman, melainkan hanya pusat ilmiah yang memberikan informasi tentang astronomi,” kata Mohammad Odeh, Direktur Pusat Astronomi Internasional, seperti dilansir dari Khaleej Times.

Klarifikasi utama adalah pernyataan mereka tentang kemungkinan hilal atau bulan sabit sulit dilihat pada Kamis (20/4/2023) petang atau 29 Ramadan. Maka Ramadan digenapkan menjadi 30 hari dan Idulfitri hari pertama pada Sabtu nanti.

“Namun di sebagian besar negara Islam, kami memperkirakan Idulfitri jatuh pada Jumat. Kecuali pada Kamis penampakan langit berawan dan bulan tidak dapat terlihat, tetapi pada umumnya 90 persen kemungkinannya Idulfitri jatuh pada Jumat,” ujar Odeh.

BACA JUGA:Ada Perbedaan Awal Syawal, Menag Keluarkan Edaran Penyelenggaraan Hari Raya Idul Fitri 2023

BACA JUGA:Heboh Gerhana Matahari Tanda Masuk Bulan Syawal, Begini Penjelasan Pakar

Mahkamah Agung Arab Saudi menyerukan umat Islam di wilayahnya untuk ikut memantau hilal atau bulan sabit sebagai pertanda akhir bulan Ramadan dan dimulainya perayaan Idul Fitri 2023 pada Kamis (20/4) malam waktu setempat.

Mahkamah Agung Arab Saudi meminta warga yang nantinya melihat bulan sabit untuk segera melaporkan penglihatannya tersebut.

"Mahkamah Agung meminta siapa pun yang melihat bulan sabit dengan mata telanjang atau melalui teropong untuk melapor ke pengadilan terdekat dan mendaftarkan kesaksian mereka," lapor Saudi Press Agency, seperti dilansir Al Arabiya, Rabu (19/4/2023).

"Mahkamah Agung berharap mereka yang mampu melihat bulan sabit akan bergabung dengan komite yang dibentuk untuk tujuan itu di berbagai daerah dan berpartisipasi dalam upaya yang bermanfaat bagi umat Islam," tambah laporan itu.

BACA JUGA:Rais JATMAN Prediksi 1 Syawal 1444 H Jatuh Pada 22 April 2023

BACA JUGA:Hukum Ziarah Kubur Setelah Idul Fitri, Begini Penjelasan Ustadz Adi Hidayat

Seruan serupa juga disampaikan pihak berwenang di Uni Emirat Arab (UEA). Mereka juga meminta umat muslim untuk memantau hilal pada Kamis (20/4) malam.

"Komite Penglihatan Bulan mengundang seluruh umat Islam di UEA untuk melihat hilal bulan Syawal pada Kamis malam, 29 Ramadhan 1444 H, yang bertepatan dengan 20 April 2023," lapor Emirates News Agency (WAM).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: