Harga Sawit Turun Lagi, Pabrik Sawit di Bengkulu Mulai Tutup Tanggal Segini

Harga Sawit Turun Lagi, Pabrik Sawit di Bengkulu Mulai Tutup Tanggal Segini

antrian mobil pengangkut TBS sawit--

BENGKULUEKSPRESS.COM – Sebanyak 11 pabrik kelapa sawit (PKS) yang membeli buah sawit dari petani pekebun di Provinsi Bengkulu tepatnya di Kabupaten Mukomuko tidak melakukan penutupan dan buka pabrik secara serentak.

“PKS di daerah ini sudah menyampaikan jadwal penutupan dan buka ke Dinas Pertanian,” ujar Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko M Rizon SHut MSi, Minggu (15/4).

Menurutnya, meski berbeda jadwal penutupan, namun mayoritas pabrik melakukan penutupan pada Rabu (19/4) dan buka kembali pada 26 April 2023 mendatang.

“Meski tak serentak, mayoritas penutupan 19 April dan buka kembali pada tanggal 26 April 2023,” katanya.

BACA JUGA:KUR Mandiri Bengkulu 2023 Disiapkan Rp 900 Miliar, Ada Produk Baru KUR Online

M Rizon menerangkan, jadwal penutupan dan buka PKS ini sangat penting disampaikan kepada masyarakat, khususnya petani sawit agar jadwal panen jelang lebaran bisa diatur. Sehingga buah yang dipanen ini bisa dijual tepat pada waktunya.

”Jadwal penutupan dan buka pabrik sawit ini perlu disampaikan ke masyarakat. Sehingga para petani bisa mengatur jadwal panen, jangan sampai buah sudah dipanen pabrik sudah pada ditutupkan, karena merugikan masyarakat itu sendiri,” tutupnya.

Salah seorang petani sawit Desa Rawa Mulya Cholis menerangkan, bahwa harga buah sawit jelang lebaran terus mengalami penurunan harga. Sebelumnya di tingkat petani menjual ke toke diatas Rp 2.000 per kg dan saat ini harga Rp 1.770 per kg.

BACA JUGA:Begini Klaim Saldo DANA Gratis Rp 4,9 Juta Langsung dari Google, Nggak Ribet!

“Untuk jadwal panen sudah dari awal disampaikan oleh toke atau pengepul sawit. Namun untuk harga saat ini terus turun menjelang lebaran yang sebelumnya diatas Rp 2.000 per kg sekarang Rp 1.770 per kg. Bahkan harga ini diprediksi akan semakin turun lagi, kami berharap harga kembali naik diatas Rp 2 ribu per kg,” pinta Cholis.(900)

 

Artikel ini telah terbit di Harian Bengkulu Ekspress edisi Senin 17 April 2023 dengan judul Tutup dan Buka PKS di Mukomuko Tak Serentak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: