Ingat! Malam Lailatul Qadar Semakin Dekat, Kapan Munculnya? Simak Penjelasan Ustadz Adi Hidayat

Ingat! Malam Lailatul Qadar Semakin Dekat, Kapan Munculnya? Simak Penjelasan Ustadz Adi Hidayat

ustadz adi hidayat--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Hari Ini (7/4/2023) merupakan hari ke 15 bulan Ramadan.   Artinya malam Lalilatul Qadar semakin dekat. Sebab berdasarkan hadist, malam lailatul qadar terjadi pada malam ganjil di 10 malam terakhir di bulan Ramadan. Yakni pada tanggal 21, 23, 25, hingga 27 Ramadan 2023.

Ustadz Adi Hidayat menjelaskan, malam Lailatul Qadar melalui sejumlah riwayat hadits, bahwa malam seribu bulan itu terjadi pada malam ganjil di 10 hari terakhir Ramadan.

"Carilah Lailatul Qadar itu pada malam-malam ganjil di sepuluh terakhir Bulan Ramadan" (HR.Bukhari). Hadist tersebut mengisyaratkan bahwa Lailatul Qadar itu datang pada malam-malam ganjil di sepuluh terakhir bulan Ramadan. Bisa saja malam Lailatul Qadar tersebut datang pada tanggal 21, 23, 25, 27, 

Kapan waktu malam Lailatul Qadar?

“Waktu malam AL-Qadar (Lailatul Qadar), bisa tutup kalimat malamnya, berarti malam istimewa, karena isyaratnya lain. Malam itu dimulai dari ba’da Isya, terbentang luas sampai menjelang fajar,” ujar Ustadz Adi Hidayat melalui kanal YouTube Audio Dakwah.

Adi Hidayat menjelaskan, dalam Surat 97 Al-Qadr ayat 5, salamun hiya hatta mathla’il fajr, bahwa batas dari fajar itu waktu singkat menjelang fajar, sekitar 15-20 menit sebelum fajar.

Jadi, mathla itu awal mula akan muncul fajar, berakhirnya waktu sahr (15-20 menit) sebelum waktu tibanya fajar. Kemudian bentangkan ke belakang lail hingga Isya.

“Jadi sebetulnya luas, dari jam 8 malam ke atas. Tapi, kalau Anda ingin mengambil esensi, saat-saat mustajab yaitu tengah malam, di atas jam 2 dini hari. Jam 1, 2, dan 3 itu yang disebut mustajab,” jelasnya.

Apa saja tanda-tanda malam Lailatul Qadar?

Rasulullah SAW pernah ditanya tentang tanda-tanda lailatul qadar, maka beliau bersabda: Yaitu malam yang terang dan bercahaya, udaranya tidak panas dan tidak dingin, tidak ada mendung tidak ada hujan, tidak ada gerak angin dan tidak ada bintang yang dilempar.

Malam Lailatul Qadar adalah malam pencatatan takdir tahunan. Allah SWT berfirman dalam surat Ad Dukhan, "Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah," (QS. Ad Dukhan: 4).

Maka dari itu jangan sampai melewatkan malam Lailatul Qadar, karena malam Lailatul Qadar disebut sebagai malam yang indah penuh kemuliaan. Tak hanya itu, seorang muslim yang melaksanakan kebaikan pada malam lailatul qadar dianggap telah mengerjakan selama seribu bulan yakni sekitar 83-84 tahun.

Berapa rakaat sholat Lailatul Qadar?

Sholat lailatul qadar dapat dikerjakan secara berjamaah maupun secara munfarid. Jumlah rakaatnya sendiri berjumlah 2 hingga 12 rakaat. Artinya: "Saya niat sholat sunnah lailatul qadar dua rakaat dengan menghadap kiblat karena Allah Ta'ala."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: