Waktu Tepat Berhubungan Suami Istri di Bulan Ramadhan

Waktu Tepat Berhubungan Suami Istri di Bulan Ramadhan

ilustrasi ramadan--

Jadi, berhubungan intim sampai waktu imsak sebenarnya diperbolehkan, tapi perlu diingat bahwa waktu imsak dan subuh sangat berdekatan (selisih sekitar 10 menit). 

Dengan rentang waktu yang sedemikian singkat, tentu seseorang akan kesulitan melakukan sahur maupun mandi wajib untuk bersiap shalat Subuh di masjid. 

Selain itu, ada kekhawatiran bahwa suami istri bisa ketiduran setelah berhubungan badan karena kelelahan. 

Jika ketiduran, bukan hanya waktu sahur yang terlewat, tapi mungkin juga melewatkan shalat Subuh. 

BACA JUGA:Begini Cara Sholat Tarawih Sendiri di Rumah Menurut Ustadz Adi Hidayat

3. Ikuti Adab Sesuai Sunah 

Mengikuti adab berhubungan badan tidak hanya dilakukan selama bulan puasa, tapi juga di hari-hari biasa di luar Ramadhan. 

Adapun adab dan tata cara berhubungan badan antara lain: Lakukan dalam kondisi tubuh yang segar, bersih, dan harum (memakai wewangian). Berdoa sebelum memulai hubungan badan. 

Disunahkan untuk membaca basmalah, lalu membaca surat al-Ikhlas, takbir (Allahu akbar), tahlil (laailaha illallah), kemudian dilanjutkan membaca doa berikut: 

BACA JUGA:Saat Jeda Sholat Tarawih, Baca Doa Ini Semua Dosa Diampuni Kata Ustadz Adi Hidayat

Bismillâhil ‘aliyyil ‘azhîm. Allâhummaj‘alhu dzurriyyatan thayyibah in qaddarta an takhruja min shulbî. Allahumma jannibnisy-syaithân wa jannibisy-syaithân ma razaqtana. 

Artinya: Dengan nama Allah yang Maha Tinggi lagi Maha Agung. Tuhanku, jadikanlah ia keturunan yang baik bila Kau takdirkan ia keluar dari tulang punggungku. Wahai Allah, jauhkanlah kami dari setan dan jauhkanlah setan pada rezeki yang akan Engkau berikan kepada kami (anak).

Disunahkan untuk membaca doa berikut:

Bismillah. Alhamdulillâhilladzî khala minal mâ’i basyarâ, faja‘lahû nasaban wa shahrâ, wa kâna rabbuka qadîrâ.

Artinya: Dengan nama Allah, segala puji bagi-Nya yang telah menciptakan manusia dari air, lalu menjadikannya sebagai keturunan dan kekerabatan. Tuhanmu Maha Kuasa. Menyegerakan mandi wajib atau mandi junub.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: