Kapan Waktu Sahur yang Tepat sesuai Rasulullah? Ini kata Ustadz Adi Hidayat

Kapan Waktu Sahur yang Tepat sesuai Rasulullah? Ini kata Ustadz Adi Hidayat

ustad adi hidayat-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRRESS.COM - Sahur merupakan tahapan mengawali puasa ramadan. Untuk itu penting diketahui kapan waktu Sahur yang tepat sesuai dengan sunnah Rasulullah SAW.

Ustadz Adi Hidayat pun menjelaskan dalam sebuah ceramah di kanal Youtube Ustadz Adi Hidayat Official.

Waktu sahar itu sekitar 20 sampai 30 menit sebelum terbit fajar. Seluruh aktivitas di waktu sahar ini disebut sahur.

BACA JUGA:Doa Awal Ramadan yang Direkomendasikan Ustadz Adi Hidayat

“Jika subuh di suatu lokasi pukul 04.36 Maka waktu sahar ini kurang lebih dikisaran waktu jam 04.06 pagi. Sahur itu adalah pekerjaanya (aktivitas),” tutur Ustadz Adi hidayat.

Itu berarti, misalnya waktu subuh adalah pukul 04.36, maka waktu sahar adalah pukul 04.06. Maka di waktu 30 menit sebelum adzan subuh berkumandang itu lah, kita dianjurkan untuk sahur.

Aktifitas sahur itu mulai dari makan, hingga membaca Al-quran. Ustadz Adi Hidayat mengatakan makanlah kita di waktu sahar, agar Allah akan memberikan keberkahan.

BACA JUGA:Niat Puasa Ramadan dan Waktunya yang Tepat

“Nabi mengatakan makan itu sunahnya di waktu sahar. Jadi kalau kita ingin melakukan sahur makan yang wajib , yang sunnah itu waktunya yakni sebelum Subuh,” ucap Ustadz Adi Hidayat.

“Jadi jam setengah 3 itu ternyata belum waktu sahur seperti yang nabi katakana tadi, itu terlalu awal dan sama hukummya dengan kita makan jam 10 malam,” tuturnya.

“Nabi mengatakan kenapa waktu sahur di pepetkan di waktu yang berdekatan dengan waktu terbitnya fajar agar kita bisa mendapatkan barokah,” kata Ustadz Adi hidayat.

BACA JUGA:Cara Cek Jadwal Imsyakiyah dan Jadwal Shalat 2023 Online Resmi Kemenag

“Barokah yang dimaksud adalah bertambahnya manfaat dan kebaikan, manfaatnya makan berdekatan dengan waktu menjelang terbitnya fajar bisa menambah energy ketika puasa,” tambahnya.

Lalu setelah adzan subuh berkumandang, maka pertanda fajar telah terbit dan kita harus menjalankan ibadah puasa.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: