Siap Siaga Hadapi Bencana, Basarnas Bangun Unit Siaga SAR di Pulau Enggano

Siap Siaga Hadapi Bencana, Basarnas Bangun Unit Siaga SAR di Pulau Enggano

Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah bersama Kepala Kantor Basarnas Bengkulu, M. Arafah menyerahkan penghargaan SAR Awards kepada Bupati Bengkulu Utara yang diwakili Camat Enggano, Susanto MD dan Rafflesia Navigator dalam peringatan HUT Basarnas ke-51, Sel-(foto: rio susanto/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) membangun Unit Siaga SAR di Pulau Enggano. Kehadirian Unit Siaga SAR Enggano tersebut akan memberikan jaminan bantuan kesiap-siagaan bencana kepada masyarakat Pulau Enggano.

Gubernur Bengkulu, Dr H Rohidin Mersyah mengatakan kehadirian Unit Siaga SAR sangat dibutuhkan masyarakat Pulau Enggano.

"Kita berterima kasih kepada Basarnas atas dukungananya kepada masyarakat Pulau Enggano dengan dibangunnya Pos Basarnas di Pulau Enggano," kata Rohidin usai menghadiri upacara memperingati Hari Ulang Tahun ke-50 Basarnas, dengan Tema 'Cepat, Tanggap, Selamatkan Jiwa', di Kantor Basarnas Bengkulu, Selasa (28/2/2023).

Dijelaskannya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu bersama pemerintah pusat telah membuat kebijakan resolusi Pulau Enggano. Tujuannya tidak hanya memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat, tapi juga untuk pengembangan ekonomi daerah.

BACA JUGA:Terpidana Korupsi Dana Desa 2021, Mantan Kades Ini Kembali Terjerat Korupsi Dana Desa 2020

BACA JUGA: Tekan Inflasi, Disdag Bengkulu Utara Gelar Operasi Pasar Murah

"Tahun 2022-2023 kita telah membuat kebijakan resolusi Enggano," tambahnya.

Dalam resolusi Pulau Enggano tersebut, berbagai pengembangan infrastruktur dasar telah dilakukan. Seperti pembangunan jalan trans Enggano sepanjang 32,8 Kilometer (KM). Kemudian dibangun juga 7 jembatan yang mengalami kerusakan.

"Sekarang sedang proses pengerjaan," tutur Rohidin.

Di samping itu, Rohidin juga mengatakan, di Pulau Enggano untuk jaringan telekomunikasi juga sudah terkoneksi jaringan 4G. Termasuk dua pelabuhaan di Pulau Enggano sudah dilakukan perbaikan. Tinggal lagi pengembangan Bandara Enggano yang akan dilakukan.

"Untuk listrik di Pulau Enggano, tidak lama lagi sudah bisa 1x24 jam. Ini menjadi awal kebangkitan Pulau Enggano," ungkapnya.

Di sisi lain, dalam rangka HUT Basarnas, Rohidin juga memberikan apresiasi besar. Sebab, Basarnas selalu hadir lebih awal dalam setia kegawat-daruratan. Tentunya dengan mengambil tindakan cepat kepada masyarakat.

"Sehingga masyarakat menjadi tenang dan nyaman atas hadirnya Basarnas. Maka sinergitas berjenjang yang sudah dibangun selama ini, bisa terus dipertahankan," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Basarnas Bengkulu, M Arafah mengatakan, pada HUT tahun ini pihaknya mengucapkan terimakasih kepada Pemprov, BPBD provinsi, kabupaten/kota, instansi vertikal dan pihak lainnya. Karana sinergitas yang dibangun selama ini bisa memperkuat kesiaga-bencanaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: