Belasan Desa di Mukomuko Terima Penghargaan

Belasan Desa di Mukomuko Terima Penghargaan

Pj Sekdakab Mukomuko Dr. Abdiyanto, SH, M.S.i saat memberikan penghargaan kepala Desa Penarik, Supardi, atas penghargaan sebagai desa mandiri tahun 2023 dari Kemendes PDTT, yang dilaksanakan di Gedung Balai Daerah Kabupaten Mukomuko, Rabu (15/2).-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Belasan desa di Kabupaten Mukomuko menerima penghargaan baik dari pemerintah pusat, provinsi hingga pemerintah daerah.

Penyerahan penghargaan kepada desa-desa yang berprestasi ini digelar di Balai Daerah Mukomuko bertepatan dengan acara sosialisasi pengelolaan keuangan desa  Kabupaten Mukomuko 2023, pada Rabu (15/2/2023).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Mukomuko, Haryanto mengatakan, untuk penghargaan dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Republik Indonesia untuk desa mandiri tahun 2023 ada sebanyak 5 desa yakni Desa Medan Jaya dan Desa Desa Pulai Payung, Kecamatan Ipuh, Kemudian Penarik, Kecamatan Penarik, Desa Sumber Makmur, Kecamatan Sungai Rumbai dan Desa Ujung Padang, Kecamatan Kota Mukomuko.

"5 desa mandiri tahun 2023 ini menerima penghargaan dari Kemendes PDTT," kata Haryanto.

BACA JUGA:Grup Bakrie Bakal Investasi di Bengkulu, Pengembangan Kawasan Pelabuhan

BACA JUGA:Biaya Haji Rp 49,8 Juta, CJH 2020 Lunas Tunda Tidak Dibebani Biaya Tambahan

Lanjutnya, kemudian penghargaan  BUMDes yakni juara  I BUMDES tingkat Provinsi untuk kategori Desa Berkembang, Maju dan Mandiri diraih oleh Desa Banjar Sari, Kecamatan Sungai Rumbai dan juara II BUMDES tingkat Provinsi untuk kategori Desa Tertinggal diraih oleh Desa Sendang Mulyo, Kecamatan Penarik.

Kemudian penghargaan untuk desa tercepat dalam Penetapan APBDes 2023 di Lingkup Kabupaten Mukomuko diraih oleh Desa Lubuk Gedang Kecamatan Lubuk Pinang dan penghargaan untuk Kecamatan tercepat dalam Penetapan APBDes 2023 Lingkup Kabupaten Mukomuko yakni Kecamatan Penarik.

"Ada penghargaan untuk desa peraih predikat desa integritas (ZIDES) pertama di Provinsi Bengkulu yakni Desa Lubuk Sanai, Kecamatan XIV Koto," terang Haryanto.

Ditambahkannya, kemudian penghargaan untuk desa dengan presentase pembayaran pajak atas Dana Desa tertinggi lingkup Kabupaten Mukomuko yakni juara I  diraih oleh Desa Bukit Harapan, Kecamatan Air Rami, kemudian juara II diraih oleh Desa Penarik, Kecamatan Penarik dan juara III diraih oleh Desa Mekar Mulya, Kecamatan Penarik. Selanjutnya, untuk penghargaan desa dengan peningkatan pembayaran pajak atas Dana Desa tertinggi lingkup Kabupaten Mukomuko yakni juara I diraih oleh Desa Talang Petai, Kecamatan V Koto, kemudian juara II diraih oleh Desa Tanah Rekah, Kecamatan Kota Mukomuko dan juara III diraih oleh Desa Manunggal Jaya, Kecamatan Ipuh.

"Diharapkan desa yang berprestasi yang menerima penghargaan ini bisa menjadi contoh dan motivasi desa lainnya.Semoga tahun depan banyak desa di daerah ini yang menerima penghargaan," demikian Haryanto.

Wakil Bupati Mukomuko, Wasri mengucapkan selamat kepada desa-desa yang telah meraih penghargaan ini semoga pencapaian terbaik ini terus dipertahankan dan ditingkatkan. Dan diharapkan ini bisa menjadi pendorong dan motivasi bagi desa lainnya.

"Selamat kepada desa-desa yang telah meraih penghargaan. Semoga tahun yang akan datang lebih banyak desa yang mendapatkan penghargaan," pungkasnya.(end)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: