Optimalkan Produksi Benih Ikan di Bengkulu Tengah, Perbaiki Bendungan Utama

Optimalkan Produksi Benih Ikan di Bengkulu Tengah, Perbaiki Bendungan Utama

Optimalkan Produksi Benih Ikan di Bengkulu Tengah, Perbaiki Bendungan Utama-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng)  bakal mengoptimalkan produksi benih ikan.

Seluruh kolam pada Balai Benih Ikan (BBI) di Kecamatan Pagar Jati bakal dimanfaatkan pada tahun 2023 ini. Sebab itulah, DKPP akan melakukan perbaikan bendungan yang merupakan sumber air utama BBI.

Akibat gangguan pasokan air, hanya 7 dari total 12 kolam yang bisa difungsikan.

"Alhamdulillah, pada tahun ini ada dukungan anggaran untuk perbaikan  bendungan. Sehingga air kembali normal dan mencukupi kebutuhan, sebab saat ini hanya beberapa kolam saja yang berfungsi," jelas Kepala DKPP Benteng Dra Hj N Yuhannah MM.

BACA JUGA:Tingkatkan Kualitas Produksi, Pebatik di Mukomuko Diberi Pelatihan

BACA JUGA:15 Kecamatan di Rejang Lebong Berpotensi Dilanda Cuaca Ekstrem

Yuhannah menyebutkan, pihaknya telah memiliki indukan ikan berkualitas hasil pengadaan tahun 2022 lalu.

Ada beberapa jenis ikan yang tersedia, yaitu jenis ikan nila, patin dan ikan mas.

"Untuk pembenihan ikan patin, tahun ini baru pertama dan masih dilakukan uji coba dan semoga bisa berhasil," ungkapnya.

Lebih lanjut, Yuhannah mengatakan,  BBI telah dirancang sebagai salah satu penyumbang retribusi daerah. Kedepan penyaluran benih ikan tak lagi dilakukan secara gratis, melainkan  harus dibeli. Hanya saja harga jual tentu saja lebih murah dibandingkan dengan harga benih di pasaran. Sehingga para pembudidaya ikan bisa mendapatkan bibit unggul dari dalam daerah dengan harga yang lebih terjangkau.

"Penarikan retribusi menunggu Perda yang saat ini sedang disusun oleh BKD Benteng. Apabila Perda sudah disahkan, maka penarikan retribusi baru bisa diterapkan," papar perempuan yang sebelumnya menjabat Kepala Disdagperinkop dan UKM Benteng ini.

Yuhannah yang juga pernah menjabat Kepala Dinas Dispusip ini menuturkan, selagi Perda belum rampung, maka benih yang diproduksi BBI tahun ini akan disalurkan tanpa harus membayar.

"Silahkan Pokdakan (kelompok pembudidaya ikan) mengajukan proposal sesuai dengan kebutuhan. Apabila syarat lengkap, maka usulan benih ikan akan kami akomodir," pungkasnya.(135)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: optimalkan produksi benih ikan di bengkulu tengah