Mau Jadi Juru Parkir Pesawat? Segini Besaran Gajinya

Mau Jadi Juru Parkir Pesawat? Segini Besaran Gajinya

DOK/BE Penumpang tiba di Bandara Fatmawati Bengkulu. -(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Selain itu, ada juga beberapa hal yang mempengaruhi besaran gaji seorang marshaller, yaitu pihak maskapai terkait, kemampuan setiap negara, dan pengalaman kerja serta jam terbang yang dimiliki.

Jam Kerja Juru Parkir Pesawat (Marshaller)

Sebagai seseorang yang berprofesi untuk mengatur lokasi parkir pesawat, marshaller harus memahami aturan-aturan yang banyak dan ketat. Hal ini untuk memastikan agar pesawat dapat terparkir dengan aman. Oleh karena itu, tugas marshaller juga dibatasi dengan hanya bisa memarkirkan paling banyak 5 pesawat saja dalam satu hari.

Meski begitu, marshaller Indonesia rata-rata memiliki jam kerja sebanyak 13 jam per hari. Umumnya, tukang parkir pesawat akan bekerja mulai dari pukul 06.00 sampai 19.00 atau dari pukul 18.00 sampai 07.00. Hal ini juga dapat digunakan dengan sistem shift yang tetap ada waktu istirahatnya di sela-sela bekerja.

Juru parkir pesawat juga harus tetap bekerja di tengah cuaca buruk seperti hujan atau badai. Hal ini dilakukan untuk memastikan agar pesawat tetap dapat parkir dengan posisi yang aman.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: