Pendaftaran PIP 2023 Dibuka Bagi Siswa SD, SMP, dan SMA-SMK, Ini Kriteria Penerima dan Alurnya

Pendaftaran PIP 2023 Dibuka Bagi Siswa SD, SMP, dan SMA-SMK, Ini Kriteria Penerima dan Alurnya

kartu indonesia pintar--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Program Indonesia Pintar (PIP) bakal dilanjutkan oleh pemerintah pusat. Program ini merupakan lanjutan dari tahun sebelumnya untuk mendukung anak wajib belajar 9 tahun. 

Pendaftaran PIP di 2023 pastinya sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat untuk mendaftarkan anaknya. Pemerintah pun  sudah memberi tanda bahwa bantuan PIP 2023 menjadi salah satu program yang akan dilanjutkan.

Dilansir dari laman Kemenkeu, Menkeu Sri Mulyani menyampaikan bahwa ada anggaran yang sudah disiapkan pemerintah untuk melanjutkan PIP di 2023.

Namun tidak semua siswa SD, SMP, SMA, SMK yang tidak mampu bisa mendapatkan bantuan PIP ini. Karena pemerintah telah menetapkan kriteria tertentu sebagai target penyaluran bantuan ini. 

BACA JUGA:Info Terbaru! Program Kartu Prakerja Dapat Bantuan Rp 4,2 Juta, Targetnya 1 Juta Orang, Cek Syaratnya ini

BACA JUGA:Bantuan Program Pahlawan Ekonomi Nusantara Dibatalkan, Warga Serbu Kantor PPKH

Kriteria penerima bantuan PIP 2023 mengacu pada peraturan tahun lalu, ada dua kategori dan kriteria penerima bantuan PIP.

Yakni bantuan PIP hanya diberikan kepada 2 kategori siswa, yakni siswa SD, SMP, SMA, SMK tidak mampu yang terdaftar DTKS Kemensos, serta siswa yang diusulkan oleh pemangku kepentingan atau dinas pendidikan setempat.

Untuk kriteria penerima bantuan PIP dari kategori siswa tidak mampu, harus memiliki KIP, KKS, atau SKTM, serta siswa SMK dengan jurusan tertentu. Sementara itu siswa juga bisa mendaftar PIP melalui sekolah atau Dinas Pendidikan setempat agar namanya diusulkan sebagai penerima bantuan.

Kapan pendaftaran 2023 dibuka?, Pertanyaan ini kerap muncul belakangan ini bagi masyarakat yang ingin mendaftarkan anaknya di program Indonesia pintar gagasan Jokowi ini. 

BACA JUGA:Ada Program Bantuan Bedah Rumah di 2023 Senilai Rp 1,2 Miliar, Simak Syaratnya

BACA JUGA:Data Kartu Keluarga Seperti Ini Tidak Dapat Bantuan Rp 600 Ribu, Ini Penjelasannya

Mengacu pada pendaftaran tahun lalu, siswa bisa mendaftar PIP sekitar bulan Januari-Maret melalui sekolah.

Berikut alur pendaftaran PIP 2023 :

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: