8 Wilayah di Bengkulu Ini Nol Kasus PMK

8 Wilayah di Bengkulu Ini Nol Kasus PMK

Penyuntikan vaksinasi pada Herwan ternak sapi oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Provinsi Bengkulu mengalami penurunan. Dari 10 kabupaten/kota yang ada di Provinsi Bengkulu, 8 diantaranya sudah tercatat 0 (nol) kasus PMK.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu M Syarkawi mengungkapkan, penurunan angka kasus PMK di Provinsi Bengkulu mengalami penurunan sejak awal 2023 kemarin.

Saat ini hanya tercatat 2 kabupaten yang masih ada kasus PMK. Sehingga pihaknya akan terus melakukan vaksinasi hewan hingga seluruh kabupaten  dinyatakan nol kasus PMK.

"Saat ini kasus PMK di wilayah Provinsi Bengkulu terus mengalami penurunan dan pada awal 2023 ada delapan wilayah yang kasus PMK nya nol," M. Syarkawi, Sabtu (7/1/2023).

BACA JUGA:1 Februari Campuran Sawit BBM Solar Naik, Biodiesel Januari Jadi Rp 11.520/Liter

BACA JUGA:Gaji Januari 2023 PNS Terlambat, Kapan Cairnya? Simak Bocorannya

Ia menyebutkan 8 kabupaten yang sudah nol kasus PMK yakni, Kabupaten Lebong, Kepahiang, Rejang Lebong, Kota Bengkulu, Mukomuko, Bengkulu Tengah, Bengkulu Selatan dan Kaur.

Sedangkan 2 kabupaten yang masih tercatat kasus PMK diantaranya Kabupaten Seluma dan Bengkulu Utara.

Berkaca dari data itu, sambung M. Syarkawi, pihaknya akan semakin gencar melakukan vaksinasi terhadap hewan ternak sapi dan kambing.

Tidak hanya itu, perbatasan hewan ternak dari luar juga masih menjadi tugas utama. Dimana hewan ternak yang akan masuk ke provinsi Bengkulu harus dilengkap surat kesehatan hewan.

BACA JUGA:Masih Ada Waktu! Segera Daftar Guru Penggerak Angkatan 9 dan 10, Kuotanya 75.000 Guru, Ini Syarat dan Caranya

BACA JUGA:2023 Perpanjang SIM Ada Aturan Baru, Simak Ini

"Saat ini di Kabupaten Bengkulu Utara ada 6 kasus PMK dan Kabupaten Seluma sebanyak 62 kasus PMK. Bagi hewan ternak yang datang ke Bengkulu juga wajib disertai surat keterangan vaksin PMK dosis pertama dan kedua," ungkapnya.

Sementara itu, M Syarkawi juga menuturkan perkembangan vaksinasi hewan di Provinsi Bengkulu yang saat ini telah dilakukan di seluruh daerah di Provinsi Bengkulu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: