Pemkot Bengkulu Usulkan Rp1,5 M untuk 340 Lampu Jalan

Pemkot Bengkulu Usulkan Rp1,5 M untuk 340 Lampu Jalan

Salah satu titik pemasangan lampu jalan di kota Bengkulu-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULU, BENGKULUEKSPRESS.COM - Pada alokasi anggaran APBD tahun depan, Pemerintah Kota Bengkulu hanya mengusulkan alokasi anggaran sebesar Rp 1,5 miliar untuk pembelian lampu jalan baru di Kota Bengkulu. Jika dikonversikan anggaran ini hanya dapat membeli sekitar 340 lampu jalan

Alokasi lampu jalan yang dianggarkan pada tahun 2023 ini terbilang sangat minim karena adanya keterbatasan anggaran APBD di Pemkot Bengkulu

Pemasangan lampu jalan ini nantinya akan difokuskan di kawasan perkantoran merah putih dan sejumlah kawasan permukiman warga yang belum tersentuh pembangunan lampu jalan. 

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bengkulu, Hendri Kurniawan mengatakan, kebutuhan lampu jalan di kota saat ini masih mencapai 20 ribu unit. Namun Hendri meminta masyarakat bersabar, karena pemasangan lampu akan dilakukan Pemkot dengan berkala. 

BACA JUGA:Jumat Curhat Polsek Ujan Mas, Warga Minta Buat 'Polisi Tidur'

BACA JUGA:Pasar Panorama Ditender Ulang, Ini Jadwal Lelangnya Jika Berminat

"Karena keterbatasan APBD, kita hanya mengusulkan Rp 1,5 miliar. Kita tahu memang saat ini kebutuhan lampu jalan di kota Bengkulu masih cukup banyak, sekitar 20 ribu unit. Namun semuanya akan kita fasilitasi lampu jalan, hanya saja secara berkala, kita pasang di titik prioritas dulu sesuai kebutuhan, " jelas Hendri, Jumat (30/12). 

Sebelumnya Pemkot pernah berencana untuk memasang lampu jalan dengan program KPBU, dengan cara melibatkan pihak ke 3 dan pembayarannya dengan cara dicicil. 

Namun karena adanya keterbatasan APBD di Pemkot Bengkulu, langkah ini tidak diambil. Jika langkah tersebut jadi diambil, maka pemenuhan lampu jalan di kota Bengkulu akan terealisasi seluruhnya tanpa menunggu lama. 

Sementara itu pada 2 tahun terakhir yakni di tahun 2021 dan 2022, total Pemkot bengkulu sudah membeli 1800 unit lampu jalan. Keseluruhan lampu ini sudah dilakukan pemasangan di sejumlah kawasan mulai dari kawasan ruas jalan hingga pemukiman rumah warga. (Imn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: