9 Balon DPD RI Dapil Bengkulu, 2 Orang Serahkan Berkas ke KPU

9 Balon DPD RI Dapil Bengkulu, 2 Orang Serahkan Berkas ke KPU

Penyerahan berkas dukungan Balon DPD RI Destita Khairilisani kepada Ketua KPU Provinsi Bengkulu, Irwan Saputra-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULU, BENGKUKUEKSPRESS.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi BENGKULU resmi membuka untuk penyerahan berkas dukungan minimal pemilih untuk Bakal Calon (Balon) peserta Pemilihan Umum (Pemilu) anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI tahun 2024, dua orang telah mendaftar.

Ketua KPU Provinsi Bengkulu, Irwan Saputra mengungkapkan, dari Balon peserta Pemilu DPD RI sebanyak dua orang telah mendaftar hari ini, yaitu Destita Khairilisani mendatangi KPU jam 8 pagi tadi.

Sedangkan Balon kedua, Rahimandani juga telah menyerah berkas dukungan jam 2.30 siang tadi di Kantor KPU Provinsi Bengkulu.

Berdasarkan informasi yang telah diterima pihak KPU Provinsi Bengkulu, total ada 9 Balon yang mengkonfirmasi akan menyerahkan berkas dukungan pencalonan Balon Peserta Pemilu DPD RI. Dua diantaranya petahan yang saat ini masih menjabat.

BACA JUGA:Sentra Gakkumdu Kota Bengkulu Siap Cegah dan Tindak Pelanggaran Pemilu 2024

"Kalau yang sudah menyerahkan hari ini baru dua orang, ada Ibu Destita pagi tadi dan Rahimandani siang ini tadi, jika sesuai konfirmasi dari masing-masing Balon terakhir nanti ditanggal 28 jika tidak ada perubahan," ungkap Irwan, Jum'at (16/12/2022).

Penyerahan berkas dukungan dibuka KPU Provinsi mulai dari hari ini tanggal 16 hingga tanggal 29 Desember nanti. Setelah itu, Irwan menyampaikan pihaknya akan melakukan pengecekkan kelengkapan berkas terlebih dahulu.

Adapun berkasnyan berupa fotocopy KTP dukungan minimal sebanyak dua ribu, kemudian Surat Pengantar dan Pernyataan dari Balon.

Kemudian baru dilakukan verifikasi berkas dan verifikasi faktual terhadap kebenaran berkas dukungan, yang akan dilakukan mulai dari tanggal 30 Desember 2022 sampai 8 April 2023.

"Setelah pendaftaran nanti kami akan melakukan pengecekan kelengkapan dukungan dan sebarannya, jika sesuai persyaratan kita lanjutkan verifikasi berkas sekaligus juga melakukan verifikasi faktual," ujarnya.

Terakhir, Irwan menyampaikan setelah itu barulah pihaknya akan melakukan penetapan berkas para Balon Peserta Pemilu DPD RI apakah memenuhi syarat atau tidak.

"Finalnya nanti akan ditetapkan tanggal 13 sampai 17 April terpenuhi atau tidak setelah rangkaian tadi,"tutupnya.(Suary)

Berikut nama-nama balon peserta Pemilu DPD RI yang sudah mengkonfirmasi akan menyerahkan berkas dukungan ;

1. Destita Khairilisani. Hari Jum'at tgl 16 des 2022  pkl 08.00 wib (sudah menyerahkan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: