Nelayan Kota Bengkulu Diajarkan Pemakaian Mesin BBG

Nelayan Kota Bengkulu Diajarkan Pemakaian Mesin BBG

kegiatan sosialisasi penggunaan mesin kapal BBG ke nelayan Bengkulu, Jumat (18/11).-(foto: MC Pemkot/Bengkulu ekspress.disway.id)-

BENGKULU, BENGKULUEKSPRESS.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu bersama Kementerian ESDM (Direktorat Jenderal Minyak Bumi dan Gas) mulai melakukan sosialisasi dan training program konversi Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Bahan Bakar Gas (BBG) kepada para nelayan Kota Bengkulu.

Kegiatan sosialisasi penggunaan mesin BBG ini dilakukan di kantor Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP), Jumat (18/11/2022). 

Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi bersama Kadis Kelautan dan Perikanan Tarzan Naidi, perwakilan Kementerian ESDM, perwakilan dari Honda turut hadir dalam sosialisasi tersebut dan melakukan penyerahan secara simbolis mesin kapal BBG. 

Adapun bantuan mesin kapal BBG ini mulai dari 6,5 sampai dengan 13 PK akan diberikan kepada para nelayan yang menggunakan kapal ketek (1 GT). 

BACA JUGA:Miris! Wanita Bersuami di Bengkulu Digerebek Ayah Kandung Indehoy di Kos-kosan

“Ini cara pemerintah untuk mensejahterakan masyarakatnya. Maka dari itu, kami (Pemkot Bengkulu) berserta dengan pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian ESDM menyalurkan bantuan 225 unit mesin berbahan bakar gas secara gratis. Mudah-mudahan ini dapat membantu mereka,” jelas Dedy.

Bantuan mesin BBG merupakan bantuan mesin jadi dengan berbagai kelengkapannya. Yakni berupa mesin jadi lengkap, dua tabung gas, serta baling-baling kapal. Diharapkan bantuan ini ke depannya dapat bermanfaat bagi nelayan, apalagi sekarang BBM pertalite mengalami kenaikan harga. 

“Ya, kita berharap dengan BBG nelayan bisa lebih hemat bahan bakarnya dibandingkan BBM. Apalagi sekarang pertalite sudah naik 10 ribu. Mudah-mudahan dengan bantuan ini biaya operasional mereka akan dapat ditekan," tandasnya. (Imn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: