Kecamatan di Kota Bengkulu Ikuti Lomba Gisa Dukcapil, Kampung Melayu Nominasi Terbaik

Kecamatan di Kota Bengkulu Ikuti Lomba Gisa Dukcapil, Kampung Melayu Nominasi Terbaik

- Tim penilai GISA dari Provinsi saat melakukanĀ seleksi-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULU, BENGKULUEKSPRESS.COM - Dinas Dukcapil Kota Bengkulu sejak awal tahun 2022 ini sudah melakukan pembinaan terhadap 9 kecamatan yang ada, agar sadar akan administrasi.

Hal ini dilakukan juga untuk persiapan mengikuti lomba Gerakan Indonesia Sadar Administrasi (GISA) yang diadakan Dukcapil Provinsi Bengkulu.

Nantinya kecamatan terbaik se Provinsi Bengkulu kembali akan diseleksi untuk mendapatkan yang terbaik.

Kepala Dinas Dukcapil Kota Bengkulu, Widodo menjelaskan, Dukcapil Kota Bengkulu sudah melakukan seleksi GISA di tingkat kota untuk diperlombakan di tingkat provinsi.

BACA JUGA:Pemprov Bengkulu Ekspor 6 Ribu Ekor Lintah ke Malaysia dan Filipina

Dari hasil penilaian tingkat kota ini, Kecamatan Kampung Melayu ditetapkan sebagai yang terbaik berdasarkan penilaian yang dilakukan langsung oleh Dukcapil kota.

"Kita hari ini melaksanakan lomba GISA, dengan melalui tahapan-tahapan penilaian tingkat kota. Kita memutuskan Kecamatan Kampung Melayu sebagai peringkat pertama, peringkat kedua Selebar, dan tingkat ketiga Muarabangkahulu. Jadi hari ini juga tim penilai dari provinsi melaksanakan penilaian akhir untuk menentukan tiga besar tingkat provinsi dan Insya Allah nanti hadiah atau penghargaannya akan diserahkan pada HUT Provinsi Bengkulu di November 2022 mendatang," jelasnya.

Ia menjelaskan, GISA atau Gerakan Indonesia Sadar Adminduk adalah sebuah gerakan nasional untuk meningkatkan kesadaran semua pihak yakni masyarakat, lembaga pengguna, dan pemerintah akan pentingnya tertib Administrasi Kependudukan (Adminduk). Ada 4 tujuan GISA, yaitu sadar kepemilikan dokumen kependudukan, sadar pemutakhiran data kependudukan, sadar pemanfaatan data kependudukan untuk semua urusan, dan sadar pelayanan Adminduk yang membahagiakan masyarakat. 

"Tujuan GISA ini bagaimana menggugah tingkat kesadaran masyarakat terhadap kepemilikan dokumen, kalau yang selama ini kepemilikan dokumen itu yang penting ada, namun di era digitalisasi ini seluruh dokumen itu harus sama. Kita berharap kota Bengkulu diwakili oleh Kecamatan Kampung Melayu bisa mewakili kota minimal masuk 3 besar di lingkup provinsi," tutupnya. (Imn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: