Kirab Bendera Terpanjang se-dunia di Bengkulu Selatan, Dibentangkan Seribu Orang

Kirab Bendera Terpanjang se-dunia di Bengkulu Selatan, Dibentangkan Seribu Orang

Bendera terpanjang harus dibentangkan oleh 1000 orang-(foto: asrianto/bengkuluekspress.disway.id)-

KOTA MANNA, BENGKULUEKSPRESS.COM - Dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-77 tahun 2022, Komunitas Pemuda Kreatif (KPK) Bengkulu Selatan (BS) menggelar kirab bendera terpanjang di dunia. Kegiatan tersebut sukses dengan membentangkan bendera merah putih sepanjang 4 ribu km lebih.

"Kita membuktikan, jika kita mampu menggelar kirab bendera  merah putih terpanjang bukan hanya se indonesia tapi sedunia," kata Ketua KPK BS, Siharman saat pelepasan peserta kirab bendera terpanjang di lapangan Sekundang, Kota Manna, Rabu (24/8).

Dikatakan Siharman, bendera yang dibentangkan tersebut sepanjang 4.269 km. Adapun peserta yang membentangkannya sebanyak 10 ribu orang. Mereka terdiri dari kalangan pelajar mulai dari SD, SMP hingga SMA sederajat. Kemudian para guru dan kepala sekolah, para kepala desa dan perangkat desa, TNI, POLRI, satpol PP dan semua lapisan masyarakat BS. Bendera tersebut juga dijahit warga BS dengan melibatkan 8 penjahit.

BACA JUGA:Terlilit Utang, IRT Pura-pura Dibegal Diamankan 

"Bendera yang kami bentangkan dibagi 11 bagian dengan panjang yang sesuai dengan nilai sejarah," ujarnya.

Dijelaskan Siharman, bendera merah putih dibentangkan oleh 11 kelompok dengan rincian ada kelompok pertama membentangkan sepanjang 1945 meter. Kelompok kedua sepanjang 77 meter, kemudian kelompok lainnya ada yang membentangkan 17 meter, 8 meter, 4 meter, 54 meter, 2022 meter.72 meter, 45 meter, kemudian ada lagi kelompok 17 dan 8 meter kembali.

"Ini sangat berkesan bagi BS, untuk menanamkan semangat cinta tanah air bagi generasi muda kita," bebernya.

Hanya saja, sambung Siharman, meskipun bendera yang dibentangkan tersebut merupakan terpanjang di dunia, tidak tercatat direkor MURI. Sebab KPK BS tidak memiliki anggaran untuk mendaftarkannya ke rekor MURI nasional. Pasalnya untuk mendaptarkan ke rekor MURI butuh biaya hingga Rp 35 juta untuk kalangan komunitas.

"Kita ini tidak tercatat di rekor MURI, sebab kita tidak ada biaya untuk mendaftarkannya," sesalnya.

Namun demikian, tujuan dari membentangkan bendera terpanjang tersebut bukan untuk memecahkan rekor MURI, melainkan untuk memberikan kebanggaan kepada BS, bahwa mereka bisa membentangkan bendera terpanjang tersebut. 

"Tidak apa-apa kirab kita ini tidak tercatat di rekor MURI, insya allah ditayangkan di rekor MURI dunia," demikian Siharman.

Sekda BS, Sukarni Dunip SP MSi memberikan apresiasi kepada KPK BS yang telah sukses menggelar kirab bendera terpanjang sedunia tersebut. Dirinya berharap dengan kegiatan itu dapat memberikan motivasi kepada masyarajat BS untuk semakin cinta tanah air dan semakin cinta produk dalam negeri. 

"Saya bangga dengan KPK yang mampu menggelar kegiatan seperti ini, semoga bisa menginspirasi pemuda BS lainnya untuk dapat berbuat yang terbaik bagi BS yang kita cintai ini," ujar Sekda. (369)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: