Kursi Dapil II DPRD Kota Kemungkinan Bertambah, Dapil IV Berkurang

Kursi Dapil II DPRD Kota Kemungkinan Bertambah, Dapil IV Berkurang

Ketua KPU Kota Bengkulu, Martawansyah-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULU, BENGKULUEKSPRESS.COM - Pada pemilu 2024 mendatang, jumlah kursi di DPRD kota BENGKULU tetap 35 kursi dengan perhitungan jumlah penduduk 374.000 jiwa. Namun pendataan terbaru, jumlah penduduk di masing-masing kecamatan di kota BENGKULU banyak yang berubah. Ada kecamatan yang jumlah penduduknya bertambah dan ada juga yang berkurang.

Ketua KPU Kota Bengkulu, Martawansyah mengatakan perubahan ini berpengaruh pada jumlah kursi masing-masing Dapil. Seperti Kecamatan Selebar dan Kampung Melayu yang merupakan Dapil 2 ada peluang jumlah kursinya bertambah dari selama ini 10 kursi, bisa bertambah menjadi 11 kursi. Hal ini disebabkan jumlah penduduk yang bertambah di dua kecamatan ini di tahun 2019 sebanyak 106.12 jiwa sedangkan pada Tahun 2022 sekarang menjadi 122.518.

BACA JUGA:Viral di Medsos, 6 Jukir Ilegal Pasar Pagar Dewa Diamankan

"Ada yang bertambah jumlah penduduk di masing-masing kecamatan ini. Kemungkinan ada pergeseran di dapil, namun jumlah keseluruhan ini tetap 35 kursi. Yang berkemungkinan bertambah itu dapil Kampung Melayu dan Selebar, dan yang berkemungkinan berkurang di dapil IV Ratu Agung dan Ratu Samban," jelas Martawansyah, Selasa (16/08).

Dapil 4 Kecamatan Ratu Agung dan Ratu samban berpotensi berkurang karena jumlah penduduknya pun berkurang pada pemilu 2019 lalu dengan jumlah penduduk 78.740 jiwa, sedangkan pada Tahun 2022 tercatat berkurang menjadi 76.000 634 jiwa. Dengan berkurangnya jumlah penduduk ini, jumlah kursi di Dapil 4 pun bisa berkurang dari 8 menjadi 7 kursi. (Imn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: