Waspada Akun Palsu Mengatasnamakan Gubernur Bengkulu

Waspada Akun Palsu Mengatasnamakan Gubernur Bengkulu

Akun facebook palsu yang mengatasnamakan Rohidin Mersyah-(foto: tangkapan layar/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULU BENGKULUEKSPRESS.COM - Beredar akun media sosial Facebook palsu yang mengatasnamakan Gubernur Bengkulu, masyarakat diminta waspada.

Dikutip dari rilis resmi Dinas Kominfotik Provinsi Bengkulu kepada Bengkuluekspress.com, Jumat (29/07), Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengungkapkan bahwa akun media sosial Facebook atas nama Rohidin Mersyah adalah akun palsu yang mengatas namakan dirinya. 

"Gubernur Bengkulu sudah 2 tahun tidak ada akun Facebook. Akun yang dulu pernah aktif sekarang juga sudah dinonaktifkan, jadi Gubernur Bengkulu tidak punya akun FB," tegas Rohidin saat dikonfirmasi, Jum'at (29/07).

BACA JUGA:Dispora Tutup TPA Belakang GOR Sawah Lebar, Atisar: Akan Dibangun GOR Bulu Tangkis

Menurut Gubernur Rohidin, sudah banyak yang dihubungi melalui messenger, minta No WA dan sebagainya.

"Tolong masyarakat untuk berhati-hati," minta Rohidin. 

Terpisah, Kadis Kominfotik Provinsi Bengkulu Redhwan Arif menyampaikan akan segera melaporkan hal tersebut ke Polda agar tidak sampai terjadi hal yang tidak diinginkan. 

"Setelah mendapatkan konfirmasi dari Gubernur langsung bahwa akun tersebut memang palsu, kami akan melaporkan ini ke pihak berwajib," jelas Redhwan Arif.

BACA JUGA:Optimalkan Potensi Pajak, Pemprov Bengkulu Siapkan Perjanjian Kerjasama dengan Pemerintah Pusat

Ia juga mengatakan bahwa hal serupa pernah terjadi di tahun 2020 yang lalu. Kini di tahun 2022 kembali terulang kejahatan dunia maya akun palsu yang mengatanamakan Rohidin Mersyah dengan mencatut identitas dan foto profil Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah.

Kadis Kominfotik Provinsi Bengkulu Moh. Redhwan Arif mengatakan, sejak beberapa pekan terakhir beredar akun media sosial facebook palsu mengatasnamakan Rohidin Mersyah. Hal ini membuat masyarakat resah karena pembuat akun tersebut sempat melakukan aktifivitas atau interaksi melalui pesan di facebook mengatasnamakan Gubernur Bengkulu.

“Kami banyak mendapat laporan dari masyarakat yang resah dengan adanya akun palsu mencatut nama Rohidin Mersyah, dan saat ini penelusuran akun palsu tersebut dilakukan, termasuk mengupayakan melaporkan kepada admin facebook untuk diblokir atau dihapus,” ungkap Redhwan Arif.

Untuk itu dirinya mengimbau kepada masyarakat untuk terus meningkatkan kewaspadaan jika ada akun facebook, messenger atau whatsApp mengatasnamakan Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, yang mengajak berkomunikasi bahkan meminta sesuatu.

“Dari laporan staf saya, akun palsu seperti ini juga pernah terjadi di tahun 2020, kemudian diproses pelaporannya ke admin facebook dan berhasil dihapus, namun kemudian muncul lagi di tahun 2022 ini. Sehingga kita meminta masyarakat untuk berhati-hati dan waspada,” tutup Redhwan Arif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://www.bengkuluprov.go.id/