Jelang Pemilu, Dukcapil Target 10 Ribu Warga Kota Bengkulu Miliki KTP

Jelang Pemilu, Dukcapil Target 10 Ribu Warga Kota Bengkulu Miliki KTP

Kadis Dukcapil Kota Bengkulu, Widodo-(foto: firman triadinata/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULU, BENGKULUEKSPRESS.COM - Saat ini di Kota Bengkulu masih banyak wajib KTP atau yang sudah berusia diatas 17 tahun belum memiliki KTP. 

Berdasarkan data Dukcapil Kota Bengkulu, dari jumlah 374.694 wajib KTP yang ada di Kota Bengkulu, 10.150 diantaranya belum melakukan perekaman KTP. 

Meski sudah melakukan berbagai upaya jemput bola, nyatanya Disdukcapil masih kesulitan menjangkau masyarakat yang belum memiliki kesadaran memiliki KTP.

Kadis Dukcapil Kota Bengkulu Widodo, Rabu (20/07), mengakui kendala anak yang baru berusia 17 tahun yang belum langsung mengurus KTP. Namun setiap tahunnya Dukcapil menargetkan 100 persen wajib KTP sudah memiliki KTP.

"Secara data kita harus cek ya karena ini terkait dengan data Jadi tinggal kita cek dulu berapa sih kewajiban usia KTP seperti itu. Kalau secara target kita kan harus 100% ya. 100% harus tuntas karena kepemilikan dokumen ini merupakan kewajiban warga negara untuk memberikan identitas kepada penduduk. Jadi target kita setiap tahun pasti 100%, tapi kan 100% itu tidak mungkin tercapai karena  yang usia 16 pasti 17," jelas Widodo.

Namun untuk tahun ini menjelang pemilu, Dukcapil semakin gencar menjangkau wajib KTP agar segera memiliki KTP karena akan masuk dalam data sebagai mata pilih baru. Saat ini pun masyarakat juga sudah dipermudah dengan bisa merekam KTP di kantor camat masing-masing wilayah dengan gratis tanpa harus ke kantor Dukcapil. (Imn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: