Jalur Batubara Dialihkan

Jalur Batubara Dialihkan

 

BENGKULU, BE -  Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Kota Bengkulu, berencana mengalihkan jalur angkutan batubara di kawasan terminal Air Sebakul, Kota Bengkulu.  Saat ini, truk angkutan batubara itu melewati Simpang 4 SPBU Air Sebakul - Simpang 4 Pagar Dewa - Simpang Kandis - Palau Baai, akan dialihkan ke jalur Simpang  4 SPBU Air Sebakul - depan Terminal Air Sebakul - Simpang 4 Betungan - Simpang Kandis menuju ke Pulau  Baai.

Pengalihan ini dikarenakan, arus lalulintas dari Simpang 4 Air Sebakul menuju Simpang 4 Pagar Dewa hingga ke pelabuhan sudah cukup padat. Bahkan sudah banyak korban jiwa akibat kecelakaan pengendara lain dengan angkuitan truk batubara tersebut. \"Pada bulan Agusutus hingga Desember 2012 lalu  kami telah mencoba mengalihkan jalur angkutan batubara tersebut, hanya saja sejak Januari 2013 lalu kembali lagi ke jalaur jalan raya Sebakul - Pagar Dewa - Pulau Baai. Hal ini dikarenakan jalan dari Terminal Air Sebakul menuju Betungan rusak berat,\" kata Kadis Hubkominfo Kota melalui Kasi Sarana dan Prasarana, Firdaus MZ diruang kerjanya, kemarin.

Ia menjelaskan pihaknya kembali menerapkan pengalihan jalur tersebut, bila Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Bengkulu telah memperbaiki jalan yang rusak itu. Dishub Kota juga telah mengajukan permohonan perbaikan jalan tersebut sejak beberapa bulan lalu.

\"Sekarang tinggal menunggu perbaikan, jika sudah diperbaiki maka kami bekersama dengan Polres  langsung mengalihkan jalur angkutan batubara itu. Setelah dialihkan, maka di kawasan Terminal Air Sebakul akan ditempatkan petugas untuk mengarahkan truk batubara agar tidak lagi memasuki wilayah Pagar Dewa,\" ujarnya.

Firdaus juga memastikan para sopir angkutan batubara siap mematuhi kebijakan tersebut, bila jalan dari Terminal Air Sebakul menuju Simpang 4 Betungan sudah mulus tanpa kerusakan.

\"Semestinya jika kita paksanakan, maka saat ini bisa kita terapkan semua angkutan batubara harus melewati jalan dari Air Sebakul menuju Betungan. Namun risikonya sangat besar, bila terjadi kecelakaan, Dishubkominfo Kota harus bertanggung jawab,\" sampainya. Sadar tidak memiliki anggaran untuk menanggung risiko kecelakaan akibat jalan rusak tersebut, maka sejauh ini Dishub Kota masih membolehkan angkutan itu masuk ke dalam kota melewati simpang Pagar Dewa menuju ke Pelabuhan Pulau Baai.

Terkait dengan tingginya angka kecelakaan di ruas jalan antara Simpang 4 Air Sebakul menuju Simpang 4 Pagar Dewa tersebut, Firdaus hanya mengimbau agar pengedara dapat berhati-hati.   \"Kami imbau kepada pengguna jalan, terutama yang menggunakan sepeda motor untuk berhati-hati, sambil menunggu jalan penghubung Terminal Air Sebakul menuju Betungan di perbaiki oleh PU provinsi,\" imbaunya. (400)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: