Indonesia Berdonor

Indonesia Berdonor

\"RIO-AKSIBENGKULU, BE - Radio Republik Indonesia (RRI) mengadakan donor darah serentak di 77 RRI di seluruh Indonesia.  Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka RRI peduli dengan tema Indonesia Berdonor.

Di Bengkulu, Ketua Pelaksana RRI Bengkulu, Henry Johan, SSos mengatakan, donor darah ini kerja sama dengan LPP RRI dengan PMI Bengkulu, yang dilakukan serentak di seluruh Indonesia, mulai pukul 10.00 WIB sampai pukul 12.00 WIB.

\"Donor darah ini sangat membantu orang yang sedang butuh darah dan kami mendukung operasional PMI sehari-hari,\" ujarnya. Henry, mengungkapkan, kegiatan donor darah tersebut sudah rutin dilakukan setiap setahun sekali atau ulang tahun RRI, dan dari kami mentargetkan 100 pendonor. \"Nanti pas ulang tahun nanti RRI akan melakukan donor darah lagi,\" ungkapnya.

Hal ini,  membuktikan RRI tidak hanya fokus pekerjaan di media siaran. Tapi, RRI juga memperhatikan kebutuhan rakyat. \"Kita bersyukur seluruh karyawan mau mendonorkan darah untuk kemanusiaan,\" ujarnya.

Joni Saputra, SP seketaris PMI Provinsi Bengkulu mengatakan, syarat donor darah antara lain umur 18-15 tahun, berat badan minimal 45 kg, temperatur tubuh 36,6-37,5 derajat Celcius, tekanan dara baik yaitu sistole=110-130 mm Hg, diastole=80-90 mmHg, denyut nadi teratur yaitu sekitar 50-100 kali/menit, hemoglobin perempuan minimal 12 gram, sedangkan untuk pria minimal 12,5 gram, jumlah penyumbangan per tahun paling banyak 5 kali dengan jarak penyambungan sekurang-kurangnya tiga bulan.

Manfaat donor darah banyak sekali antara lain sarana amal kemanusiaan bagi sesama, mengetahui golongan darah, mengetahui beberapa penyakit tertentu yang sedang diderita, seperti HIV/AID, hepatitis, sifilis dan lain sebaginya, mencegah stroke. \"Orang yang akitif donor jarang terkena penyakit ringan maupun berat,\"ujurnya.

Dwi Permata Sari salah satu pendonor mengatakan ini merupakan kali empat dia berpartisipasi dalam kegiatan donor darah. \"Kalau habis donor badan jadi enteng, dan ini juga membantu satu sama lain,\" ujarnya.(cw5)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: