Petani Air Mbacang Manna Harapkan Jembatan Permanen

Petani Air Mbacang Manna Harapkan Jembatan Permanen

MANNA, bengkuluekspress.com - Petani di ataran Air Mbacang, Manna mengeluhkan kondisi lantai jembatan menuju areal usaha pertanian mereka. Pasalnya lantainya masih papan dan nyaris setiap bulan selalu gotong-royong memperbaikinya. Mereka berharap agar jembatan tersebut permanen.

\"Minimal 3 bulan sekali kami bergotong royong mengganti lantai jembatan ini,\" kata Muhardin Effendi, salah satu petani setempat.

Dikatakan Muhardin, akses jalan tersebut melewati Desa Lubuk Sirih, Manna. Jembatan bely dengan lantai papan itu berada di atas sungai air Mbacang. Bahkan belum lama ini mereka sudah bergotong royong memperbaiki jembatan tersebut, sebab hanyut terbawa arus sungai saat sungai tersebut meluap. Kemarin mereka kembali bergotong royong, pasalnya lantainya sudah banyak lapuk. Mereka khawatir saat dilewati kendaraan, lantainya jebol dan kendaraan bisa terjebak bahkan bisa terjun ke sungai.

\"Jembatan ini akses utama kami ke kebun, kalau rusak kami tidak bisa mengeluarkan hasil panen kebun kami,\" ujarnya.

Dengan kondisi tersebut, dirinya sangat berharap Pemda BS melalui organisasi perangkat daerah (OPD) terkait dapat menganggarkan dana pada APBD BS untuk perbaikan jembatan tersebut agar menjadi jembatan permanen. Terlebih lagi, sambung Muhardin, usulan sudah sering disampaikan.

Bahkan pihak terkait sudah turun melalukan survei dan pengukuran. Sehingga dengan jembatan yang permanen, para petani tidak harus rutin bergotong-rotong lagi mengganti lantai jembatan. Selain itu, petani juga akan semakin lancar ke tempat usaha mereka serta akan lebih mudah dalam pengangkutan hasil usaha mereka.

\"Mudah-mudahan Pemda BS dapat segera membangun jembatan kami ini menjadi jembatan permanen,\" harap Muhardin. (369)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: