Potensi Lahan Holtikultura Baru di Kepahiang 1.432 Ha

Potensi Lahan Holtikultura Baru di Kepahiang 1.432 Ha

KEPAHIANG bengkuluekspress.com - Sebagai daerah pegunungan, Kabupaten Kepahiang memiliki potensi besar untuk mengembangkan tanaman holtikultura. Saat ini ada 1.089 hektar lahan holtikutura aktif yang sudah ditekuni masyarakat dengan mengelola berbagai tanaman cepat panen. Luasan lahan itu masih bisa bertambah lagi, karena masih ada potensi lahan seluas 1.432 hektar lagi yang dapat digarap menjadi lahan holtikultura. \"Data ini akan kita sampaikan ke kementerian terkait, agar potensi tanaman holtikultura kita bisa dilirik pemerintah pusat untuk bisa menyalurkan berbagai program pengembangan holtikultura yang dicanangkan pemerintah pusat,\" terang Kadis Pertanian Hernawan melalui Kabid Holtikultura Budi SP.

Budi melanjutkan, potensi lahan holtikultura itu merupakan peralihan dari lahan perkebunan dan persawahan. Karena kedua lahan itu bisa ditanami tanaman jenis holtikultura oleh masyarakat. \"Jadi kalau sudah terlaksana seperti itu, masyarakat bisa dua kali panen, setelah panen produksi tanaman pangan bisa juga garap jenis lainnya,\" tutur Budi.

Ia menambahkan, Penggarapan lahan sawah jadi tanaman holtikultura bisa dilakukan oleh petani pasca panen padi, saat lahan kosong petani bisa menaman jenis sayuran. Sehingga dalam satu tahun setiap satu lahan bisa tiga kali panen. \"Setiap tahun pemerintah juga mengalurkan bibit kepada petani jadi para petani tidak kesulitan dalam melakukan multi tanam pada lahan yang mereka miliki,\" sebutnya. (320)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: