Truk BB Lintasi Jalan Desa

Truk BB Lintasi Jalan Desa

\"nampakBENTENG, BE - Setelah jalan provinsi di Kabupaten Benteng rusak parah akibat dilalui truk batubara melebihi tonase. Kini para sopir truk batu bara mulai mencari jalan baru yang kondisinya jauh lebih bagus. Mereka melintasi jalan desa di Desa Jayakarta Kecamatan Talang Empat.

Tentu saja ulah para sopirtruk batubara ini menimbulkan aksi protes warga setempat. Warga menolak kendaraan truk BB melintas di jalan didesa merejasepanjang 10 km yang menebus langsung ke Desa Air Sebakul Kecamatan Talang Empat. Protes itu diwujudkan oleh warga desa dengan menutup jalan desa tersebnut agar tidak bisa dilalui truk batubara.

\"Kami  ini cuma anak buah saja, ya melihat jalan ini bagus kami lewat sini karena dapat mengirit solar,\" ujar seorang sopir truk BB, Yanto, kemarin.

Sementara itu, Camat  Talang Empat, Watiulah, S.Pd, ketika dikonfirmasi BE, kemarin membenarkan adanya aksi penutupan jalan desa oleh warga tersebut. Jika jalan desa itu tetap diperbolehkan dilalui oleh truk Batubara, dikhawatirkan lebih cepat hancurnya. Oleh sebab itu, warga  beberapa desa itu, tidak terima truk batubara itu melintasi jalan desa tersebut.   \"Sah - sah saja warga menolak truk Batubara melintasi jalan di desanya itu.  Karena, kondisi jalan provinsi yang bagus saja, begitu dilewati truk BB itu hancur apalagi jalan desa,\" terangnya.

Camat  menambahkan, terkait masalag ini  dalam waktu dekat ini ia menyampaikan laporan ke Bupati Benteng, Ketua DPRD Benteng, Gubernur Bengkulu, Ketua DPRD Provinsi bengkulu dan instansi terkait lainnya. Soalnya, jika  truk batubara dibiarkan melintasi jalan desa, bisa menimbulkan konflik antara warga dengan para sopir truk BB tersebut.  \'\'Harapannya, pihak Pemkab Benteng dan Pemprov Bengkulu dapat mencarikan jalan keluarnya atas kondisi ini,\'\' pungkasnya. (111)    

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: