Empat Pokdakan Dapat Benih Ikan

Empat Pokdakan Dapat Benih Ikan

BENTENG, Bengkulu Ekspress - Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) kembali menyalurkan benih ikan.

Kali ini sebanyak 4 (empat) kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) diberi bantuan.Yaitu, Pokdakan Tanjung Keroya di Desa Keroya dan Pokdakan Jang Jatoi di Desa Pagar Jati Kecamatan Pagar Jati, Pokdakan Harapan Muda Desa Bajak II Desa Merigi Kelindang dan Pokdakan Makmur Sejahtera di Desa Jayakarta Kecamatan Talang Empat.

\"Pertengahan bulan Maret ini, ada 4 Pokdakan yang terpilih sebagai penerima bantuan benih ikan,\" kata Kepala DKPP Kabupaten Benteng, Dra Hj N Yuhannah MM, minggu (15/3).

Diakui Yuhannah, pemberian benih ini merupakan buah hasil dari pengelolaan Balai Benih Ikan (BBI) di Desa Pagar Jati. Setelah dilakukan perbaikan dan dikelola dengan baik, indukan ikan mampu memproduksi benih unggul yang bisa dimanfaatkan oleh Pokdakan dalam mengembangkan usaha.\"Benih yang disalurkan sebanyak 12 ribu ekor. Masing-masing Pokdakan diberi 3 ribu benih,\" jelasnya.

Lebih lanjut, Yuhannah menuturkan, penyaluran benih bertujuan untuk membangkitkan gairah anggota Pokdakan dalam mengelola kolam yang telah ada.

Pemberian benih ikan dilakukan secara gratis. Hanya saja, penyalurannya kami lakukan sesuai dengan usulan Pokdakan yang telah direkomendasikan oleh Penyuluh Perikanan.\"Kedepan, diharapkan pembenihan ikan mampu memberikan sumbangsih bagi pendapatan asli daerah (PAD) di Kabupaten Benteng.Tak menutup kemungkinan, penyaluran benih dilakukan dengan tarif pasarana atau lebih murah,\" kata Yuhannah.

Sementara waktu, lanjutnya, benih hanya bisa disalurkan kepada Pokdakan yang sudah berbadan hukum. Artinya, bukan kepada perorangan.\"Setelah disurvei, memang betul-betul bahwa kolam tersebut sesuai kriteria. Selain itu, penerima juga harus membuat pernyataan dan perjanjian akan mengembangkan benih ikan untuk kelompok,\" tandasnya.(135)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: