Bupati Ingatkan Kades

Bupati Ingatkan Kades

CURUP, Bengkulu Ekspress - Bupati Rejang Lebong, DR H A Hijazi SH MSi mengingatkan para Calon Kepala Desa (Kades) yang ikut dalam Pilkades Tahap III di untuk mengikuti Pilkades dengan jujur.

Salah satunya tidak melaksanakan praktek money politik atau politik uang untuk meraih kemenangan.\"Saya ingatkan para calon Kades untuk tidak melakukan praktek money politik dalam pelaksanaan Pilkades ini,\" sampai bupati saat menghadiri pengukuhan deklarasi damai yang dilaksanakan di aula BLKM Curup, Senin (10/2) kemarin.

Para calon Kades harus menjauhi politik uang, karena menurut bupati bila mereka sudah terjebak dalam permainan politik uang, maka yang pertama kali akan dipikirkan saat terpilih nanti adalah mengembalikan uang yang telah ia keluarkan dalam Pilkades. Menurut bupati, salah satu jalan adalah melakukan permainan terkait dengan penggunaan dana desa maupun anggaran dana desa.

\"Bila ada yang ketahuan money politik, maka akan saya gugurkan dan pelakunya akan kita dorong untuk diproses sesuai peraturan yang berlaku,\" tegas bupati.

Bupati juga mengingatkan apabila ada calon Kades yang sudah terlanjur mengajukan pinjaman untuk bertarung dalam Pilkades pada 20 Februari lalu, terutama pinjaman tersebut ia rencanakan untuk money politik, maka bupati mengingatkan agar pinjaman tersebut tidak dicairkan dan dibatalkan saja.

Dalam kesempatan tersebut, bupati mengingatkan para calon Kades apabila mengetahui lawannya memiliki masalah seperti penggunaan ijazah palsu, bupati meminta untuk segera melaporkan prihal tersebut ke panitia saat ini atau minimal sehari sebelum pencoblosan nanti. Sehingga menurut bupati laporan tersebut bisa segera ditindaklanjuti dan bila terbukti menyalahi aturan maka menurutnya bisa dibatalkan dari calon.

\"Kalau ada yang punya masalah, laporkan sekarang sebelum melakukan pencoblosan agar tidak menimbulkan masalah lain ke depannya,\" pesan bupati.

Hal tersebut, menurut bupati sangat penting, karena jangan sampai ada calon Kades yang mengetahui lawannya memiliki masalah didiamkan saja dan baru masalah tersebut dimunculkan saat yang bersangkutan menang.Di sisi lain, bupati juga mengingatkan bahwa pelaksanaan Pilkades serentak tahap III di Kabupaten Rejang Lebong merupakan salah satu jalan para calon Kades untuk menjemput takdir mereka.

Karena menurut bupati yang menang hanya satu dan pemenangnya sudah lama ditetapkan oleh Allah SWT. Oleh karena itu ia mengimbau kepada para calon Kades tersebut untuk legowo dan menerima hasil dari pelaksanaan Pilkades nanti.\"Saya ingatkan para calon Kades agar nanti legowo dari hasilnya, karena yang terpilih hanya satu dan pesertanya banyak,\" paparnya.

Berdasarkan pantauan Bengkulu Ekspress, kegiatan pengukuhan dan deklarasi damai Pilkades tahap III di Kabupaten Rejang Lebong tersebut diikuti oleh 164 calon Kades yang akan betarung di 56 desa dari total 122 desa di Kabupaten Rejang Lebong.

Kegiatan deklarasi kemarin dihadiri oleh Ketua DPRD Rejang Lebong, Mahdi Husen SH bersama unsur FKPD dan OPD yang ada di Kabupaten Rejang Lebong serta sejumlah tamu undangan lainnya.(251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: