BPBD Tak Bisa Pangkas Pohon

BPBD Tak Bisa Pangkas Pohon

\"\"TABA PENANJUNG, Bengkulu Ekspress - Bencana longsor dan pohon tumbang yang sering terjadi di kawasan Liku Sembilan, Desa Tanjung Heran, Kecamatan Taba Penanjung, Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) dikeluhkan sejumlah warga dan pengguna jalan.

Pengguna jalan mengharapkan agar ada pemangkasan pohon ataupun dahan kayu yang sudah tampak miring dan mengarah ke badan jalan. Pasalnya, banyak pohon rindang tumbuh subur di tebing tepi jalan jalur Kota Bengkulu-Kabupaten Kepahiang tersebut.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Benteng, Samsul Bahri SPd MM menegaskan, pihaknya tak bisa berbuat banyak atas apa yang dikeluhkan masyarakat. Sebab, kawasan jurang pada bagian kiri dan kanan jalan masuk ke dalam kawasan hutan lindung (HL).

\"Karena itu masuk kawasan hutan lindung, kami tak bisa sembarangan memangkas pohon,\" jelas Samsul.

Menyikapi hal itu, Samsul hanya bisa memberikan peringatan kepada masyarakat dan pengguna jalan agar selalu waspada. Terutama saat melintasi kawasan liku sembilan saat sedang hujan disertai angin kencang.

\"Kami hanya bisa mengimbau untuk senantiasa waspada. Ketika terjadi bencana, segeralah menyampaikan informasi tersebut agar bisa segera ditindaklanjuti,\" demikian Samsul.(135)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: