Puluhan Warga Ipuh Terserang DBD

Puluhan Warga Ipuh Terserang DBD

IPUH, bengkuluekspress.com – Penyakit demam berdarah dangue (DBD) banyak menyerang warga di wilayah Kecamatan Ipuh Kabupaten Mukomuko. Jumlahnya diperkirakan mencapai puluhan warga. Ini dibenarkan Kepala Kecamatan Ipuh, Sepra Danur dikonfirmasi, kemarin (28/1). Puluhan warga yang terserang DBD diantaranya ada yang dibawa ke Puskesmas Ipuh, RSUD Mukomuko hingga dibawa ke RSUD yang berada di Bengkulu. Menurutnya dari puluhan warga tersebut satu warganya meninggal dunia.

“Kalau jumlah tepatnya saya belum mengetahui pasti. Tapi, ada sekitar 30 orang. Diantaranya satu warga meninggal dunia ketika mendapatkan perawatan di RSUD yang ada di Bengkulu. Penyebab meninggalnya warga Desa Medan Jaya, Ipuh. Selain DBD, juga disebabkan kompilasi atau ada beberapa penyakit lainnya,” katanya.

Untuk mengantisipasi dan pencegahan penyakit DBD dan berbagai penyakit lainnya. Kecamatan dan desa bersama - sama turun kelapangan untuk melaksanakan kegiatan gotong royong, minimal satu minggu sekali. “Khusus pihak kecamatan, langsung turun ke desa - desa. Selain mengajak gotong royong. Juga langsung bersih – bersih bersama. Seperti membersihkan lingkungan desa dan disekitar pemukiman penduduk,” kata Camat.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Bustam Bustomo SKM menyampaikan, untuk wilayah Kecamatan Ipuh, Kecamatan Air Rami dan sekitarnya banyak terserang DBD. Pihaknya telah melakukan langkah – langkah Diantaranya fogging, penyuluhan PSN hingga langsung melakukan imbauan dan ajakan kepada masyarakat di desa dan kecamatan untuk menjaga lingkungan tetap bersih. (900)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: