Polres Rp 2,5 Miliar, Kodim Rp 500 Juta

Polres Rp 2,5 Miliar, Kodim Rp 500 Juta

Dana Pengamanan Pilkada

LEBONG, bengkuluekspress.com – Akhirnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong menyerahkan dana hibah kepada Polres Lebong sebesar Rp 2,5 miliar. Anggaran miliaran rupiah tersebut, untuk dana pengamanan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Lebong tahun 2020.

Kemarin (28/1), dilakukan penekenan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dari Sekda Lebong, H Mustarani Abidin SH MSi ke Kapolres Lebong, AKBP Ichsan Nur SIk di ruang rapat Sekda Lebong. Sekda Lebong, H Mustarani Abidin SH MSi mengatakan, bahwa untuk dana hibah pengamanan Pilkada telah disiapkan pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Lebong tahun 2020 ini.

“Hari ini kita melakukan penandatangan NPHD dan selanjutnya dana hibah akan kita serahkan,” sampainya, kemarin (28/01).

Menurutnya, dana hibah diusulkan dan disahkan oleh DPRD Lebong serta dibawa untuk dilakukan verifikasi oleh Gubernur Bengkulu. “Usulan sebesar Rp 2,5 miliar dan disetujui sesuai dengan usulan,” ucapnya. Setelah penekenan NPHD, sambung Sekda, pihaknya kembali akan melakukan penekenan NPHD dengan Kodim 0409 Rejang Lebong sebesar Rp 500 juta.

“Kita tinggal menunggu koordinasi dari Kodim untuk melakukan NPHD,” jelasnya. Sekda menambahkan, Pemkab Lebong menganggarkan dana hibah sebesar Rp 30 miliar. Rinciannya Rp 20 miliar untuk KPU Lebong, Rp 7 miliar untuk Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Rp 2,5 miliar untuk Polres Lebong dan Rp 500 juta untuk Kodim. “Itu total dana hibah yang digelontorkan,” tuturnya.

Sementara Kapolres Lebong, AKBP Ichsan Nur Sik mengatakan, NPHD untuk pengamanan Pilkada Kabupaten Lebong sebenarnya sudah mengalami keterlambatan. “Seharusnya NPHD sudah dilakukan pada bulan November yang lalu, namun kita baru melakukannya pada tahap ke-2 ini, yaitu tahap Bimtek,” ujarnya

Kapolres menjelaskan, keterlambatan bukan kesalahan dari Polres Lebong. Akan tetapi dikarenakan adanya masalah NPHD antara Pemkab dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lebong. “Padahal kami sudah diminta terkait pengusulan rekening hibah, begitu juga dari Polda juga telah meminta,” tutur Kapolres.(614)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: