Warga Bersihkan Saluran Air

Warga Bersihkan Saluran Air

LEBONG, Bengkulu Ekspress – Memasuki masa tanam padi, ratusan warga bersama Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kepolisian dan Camat bergotong royong membersihkan saluran dan pintu air induk di Desa Pungguk Pedaro Kecamatan Bingin Kuning.Kegiatan yang dilaksanakan, kemarin (03/11) dimulai sekitar pukul 08.00 WIB langsung dipimpin Wakil Bupati (Wabup) Lebong, Wawan Fernandez SH MKn.

Dengan mengunakan peralatan berupa parang, pisau, cangkul, skop dan peralatan lainnya, warga membersihkan sampah plastik, kayu atau ranting maupun hal-hal yang dapamengganggu aliran air kepada lahan persawahan warga.

 Dikatakan Wabup Lebong, Wawan Fernandez SH MKn, gotong royong diikuti setidaknya 300 orang warga dari desa di Kecamatan Bingin Kuning, Lebong Sakti, Amen, Lebong Tengah hingga Lebong Utara.

“Kita membersihkan sampah yang ada di aliran air, agar ketika para petani akan melakukan tanam padi tidak mengalami kendala,” jelasnya, kemarin (03/11).

Menurutnya, bulan November dan Desember 2019 ini para petani mulai mempersiapkan untuk melaksanakan tanam padi. Sehingga gotong royong merupakan salah satu upaya untuk mendukung atau membantu petani, agar tidak mengalami kendala masalah air pada saat tanam.

“Kebetulan air sedang surut, untuk itulah semuanya bergotong royong melakukan kebersihan,” ujarnya.

Ditambahkan Danramil 409/02 Lebong Selatan, Kapten Inf Yudho Hartono mengatakan, bahwa kegiatan seperti ini sangatlah mebantu warga.“Memang kegiatan seperti ini harus kita galakan agar bisa membantu para petani untuk tanam padi,” singkat Danramil.(614)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: