Gempa 5,5 SR

Gempa 5,5 SR

\"110922cbengkulu-gempa\"TEPAT pukul 18.00 WIB, kemarin sore,  Bengkulu diguncang gempa dengan kekuatan 5.5 Skala Richter (SR). Gempa tersebut berpusat 82 KM Barat Daya Mukomuko kedalaman 22 meter (3.08 LS - 101.17 BT). Namun gempa itu tidak berpotensi tsunami. Di Kota Bengkulu sendiri guncangan gempa tersebut sangat terasa, bahkan sebagian warga pun terlihat berhamburan keluar rumah, terutama yang berada di gedung bertingkat.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Pulau Baai Bengkulu, Sudiyanto SP menjelaskan, gempa tersebut terjadi karena Bengkulu diapit oleh 2 benua yang selalu aktif bergerak, yakni benua Indo Australia dan benua Indo Erlesia. \"Akibat dua benua itu selalu bergerak, membuat Sumatra bagian barat, khususnya Bengkulu sering diguncang gempa walaupun tidak berpotensi Tsumani.\" katanya.

Kendati demikian, dia mengimbau agar masyarakat tidak perlu resah dengan adanya gempa tersebut, namun selalu waspada untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.  Disinggung soal gempa susulan, Sudiyanto mengatakan gempa susulan sudah pasti ada, namun kekuatannya jauh lebih kecil dari gempa yang pertama. \"Tidak perlu khawatir, namun tetap waspada,\" ujarnya mengingatkan. (400)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: