Empat Puskesmas Menyusul Dapat Akses Internet

Empat Puskesmas Menyusul Dapat Akses Internet

TAIS, Bengkulu Ekspress - Dalam waktu dekat, jika tidak ada halangan empat Pusat Kesehatan Masyarakat( Puskesmas) pembantu di Kabupaten Seluma, menerima bantuan dari Kementian Kominfo berupa akses internet. Hanya saja, kepastian pemasangan akses internet ini masih menunggu tim dari kementerian untuk melakukan survei lokasi.

“Dengan demikian keseluruhan Puskesmas menerima akses internet. Empat puskesmas ini usulan susulan yang disetujui Kementerian Kominfo,” kata Kepala Dinas Kominfo Seluma, H Hendarsyah SIp MP didampingi Kasi Infrastruktur dan Jaringan, Andi Ariandi St Kepada Bengkulu Ekspress kemarin (18/6).

Keempat Puskesmas yang akan di datangi oleh tim survey tersebut, antara lain, Puskesmas Renah Gajah Mat i(RGM), Puskesmas Dusun Tengah, Puskesmas Ulu Talo dan teraakhir Puskesmas Puguk. Puskesmas lainnya sudah memiliki akses internet yang di pasang pada 2018.“Keseluruhan Puskesmas sudah tersedia akses internet sehingga sudah bisa melakukan pelayanan secara online dan terpadu,” sambungya.

Sementara itu, dua desa dan lokasi Desa Gunung Megang, Kecamatan Semidang Alas (SA) dan Desa Cawang, Kecamatan Lubuk Sandi, masih menunggu hasil kajian teknis atas rencana pembangunan Base Transceiver Station (BTS) dari Kementrian Kominfo RI. Beberapa hari kedepan tim kementrian sekaligus melakukan pengecekan ulang. “Kita masih menunggu hasil kajian dimana mingu ini tim kementerian datang untuk meninajau ulang ke kawasan ini,” imbuhnya.

Untuk menyukseskan program ini terwujud, sangat di perlukan dukungan dan alokasi lahan untuk dijadikan lokasi pendirian BTS itu sendiri dengan luas 18 x 18 meter. Serta pemerintahan desa juga harus menghibahkannya.“Untuk keseriusan ini sangatlah ditunggu. Termasuk kedatangan kades dua desa ini ke Dinas Kominfo untuk melengkapi sejumlah syarat dan kesiapannya,”sampainya.

Diketahui, sebelumnya sedikitnya 17 Base Transceiver Station (BTS) Wifi dan BTS GSM kembali dipasang di sejumlah desa di Kabupaten Seluma. Jika sebelumnya, hanya satu desa Padang Capo Ulu. Namun belakangan, diketahui kembali mendapatkan bantuan sebanyak dua unit untuk desa Cawang dan Gunung Megang.

Termasuk juga internet untuk Sekolah Dasar(SD) dan SMP di kabupaten Seluma. Sedangkan, BTS wifi untuk internet gratis diberikan pada 16 desa di 14 kecamatan. Seperti diantaranya pada Desa Sekalak, Lubuk Resam, Tanjung Agung, Cawang, Padang Capo Ilir, Muara Nibung, Mekar Jaya, Giri Nanto, Simpur Ijang, Kayu Elang, Cugung Langu, Renah Gajah Mati 1, Gunung Pegang, Suban, Batu Tugu, Batu Balai dan satu pembangunan BTS Gsm Desa Padang Capo Ulu. Di daerah ini akan mendatpakan signal ponsel dan jaringan jadi masyarakat desa bisa mengakses internet dengan 4G dan 3G.

\"BTS GSM memeng membutuhkan lahan dan harus dihibahkan oleh desa sehingga kerjasama anatar desa sangatlah diharapkan,\" imbuhnya.(333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: