Kerugian Akibat Banjir Capai Rp 27 M

Kerugian Akibat Banjir Capai Rp 27 M

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress – Bencana alam banjir dan tanah longsor yang melanda Bengkulu Selatan (BS), Sabtu (27/4) telah membuat warga berduka. Pasalnya banyak rumah yang rusak, ternak yang ,mati serta jembatan dan jalan yang ambruk serta tanaman warga yang rusak. Akibat bencana alam tersebut, Bengkulu Selatan mengalami kerugian material hingga puluhan miliar.

“ Hasil pendataan, akibat bencana alam kemarin, kita mengalami kerugian hingga Rp 27 Miliar,” kata pelaksana tugas (plt) Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi SE MM saat meninjau langsung lokasi bencana alam di wilayah Bengkulu Selatan, Senin (29/4).

Dengan adanya kerusakan tersebut, Gusnan mengaku saat ini telah melakukan pendataan. Setelah itu, data kerusakan akan disampaikan ke Pemda Provinsi dan pemerintah pusat. Sehingga nanti diharapkan adanya bantuan untuk Bengkulu Selatan, terutama warga korban bencana. “ Kerugian ini akan kami sampaikan ke pemda Provinsi dan Pusat, kita berharap korban bencana nanti mendapatkan bantuan,” ujarnya.

Tidak hanya mengharapkan bantuan dari pemda provinsi dan pusat, Gusnan mengaku pemda Bengkulu Selatan  juga memberikan bantuan masa panik kepada korban bencana. Sehingga diharapkan para korban tetap tabah dan sabar menghadapi ujian. “ Bencana ini ujian bagi kita semua, semoga ada hikmah dibalik kejadian ini,” harap Gusnan.

Terkait dengan bencana alam di Bengkulu Selatan, Gusnan mengaku dirinya sudah mengecek langsung ke lapangan seperti Longsor di Pagar Gading, Pino Raya, Longsor di Kawasan Ulu Manna hingga ke Sumatera Selatan atau tepatnya di Kawasan Tanjung Sakti yang berbatasan langsung dengan Bengkulu Selatan.

“ petugas terus membersihkan material yang menutupi badan jalan, pengendara sudah bisa melintas namun harus hati-hati karean kondisi jalan masih licin,” terang Gusnan yang juga saat itu memberikan bantuan makanan instan kepada pengendara yang sedang ngantri di kawasan jalan yang tertimbun longsor di Ulu Manna.

 Polres dan PKK Salurkan Bantuan

Akibat banyaknya korban bencana alam,kemarin Mapolres Bengkulu Selatan menyerahkan bantuan kepada para korban bencana alam seperti di Desa ketaping, Manna dan juga korban bencana alam di Pantai pasar Bawah. Adapun bantuan yang disalurkan berupa sembako dan juga makan nasi kotak. “ kami juga memberikan pengobatan gratis pada korban yang sakit, “ ujar kapolres BS, AKBP Rudy Purnomo SIK MH.

Kapolres menambahkan dalam rombongan tersebut ada juga Bantuan yang diterima warga dari dinas sosial BS yang membuat dapur umum di lokasi bencana, kemudian dari dinas kesehatan BS juga memberikan bantuan pengobatan pada warga. “ Semoga warga korban bencana tetap tegar dan kuat menghadapi bencana ini,” harapnya. Kepala Desa Ketaping,Saidi mengucapkan terima kasih atas bantuan yang disampaikan kepada warganya. Dirinya mengaku dengan adanya bantuan itu,warga sanget terbantu. Sebab, saat ini para korban bencana belum sempat untuk beraktivitas seperti biasanya, mereka sedang sibuk membersihkan rumah serta membereskan sisa-sisa bencana sungai meluap. “ Warga sangat mengharapkan bantuan untuk meringankan beban mereka saat ini,” ujar Saidi. (369)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: