Batik Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Batik Dorong Pertumbuhan Ekonomi

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress– Industri batik di Kabupaten Kepahiang bisa meningkatkan pendapatan masyarakat. Adanya industri kecil menengah pengelolaan batik di lingkungan masyarakat akan mendorong pertumbuhan perekonomian. Masyarakat bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari pembuatan berbagai produk batik.

Kepala Dinas Perindustrian Tenaga Kerja Kepahiang, Yurnalis mengatakan, jika industri batik rumahan bisa tumbuh dan berkembang di Kabupaten Kepahiang. Karena, peminat batik asal Kabupaten Kepahiang diyakini akan banyak. Sehingga industri rumahan dapat menjual produknya.

“Ya, terlebih pemerintah daerah tengah mengembangkan sektor wisata, jadi batik asal Kepahiang hasil olahan masyarakat bisa masuk dalam salah satu produk lokal yang bisa dijual kepada wisatawan nantinya,” ungkap Yurnalis.

Menurutnya, 70 pengrajin batik lokal yang merupakan kalangan ibu rumah tangga terus diasah kemampuan agar bisa membuat produk batik bernilai jual. Para peserta mengikuti pendidikan tata cara pembuatan batik cap dari para pengajar berkualitas yang dihadirkan Dinas Perindustrian Tenaga Kerja.

“Mereka yang sudah mengikuti pelatihan bisa membuat produk sendiri, nanti dapat dijaul sebagai salah satu produk khas Kabupaten Kepahiang,” sebutnya.

Para peserta diklat mendapatkan pelatihan membatik cap selama 21 hari kedepan hingga tanggal 1 mei 2019. Guna meningkatkan keterampilan dalam membuat batik yang memiliki jual. (320)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: