4 SMP Dapat Bantuan Komputer

4 SMP Dapat Bantuan Komputer

BENTENG, Bengkulu Ekspress - Pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI akan memberikan bantuan kepada 4 sekolah menengah pertama (SMP) di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng). Keempat sekolah tersebut akan mendapatkan bantuan hibah perangkat komputer untuk menunjang kegiatan operasional di sekolah masing-masing.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Benteng, Saidirman SE MSi menjelaskan, pemberian perangkat komputer diperoleh setelah pihaknya mengajukan usulan tahun lalu.\"Alhamdulillah, pada tahun 2019 ini ada 4 sekolah yang akan mendapat bantuan pengadaan perangkat komputer,\" kata Saidirman.

Sekretaris Dinas Dikpora Kabupaten Benteng ini menerangkan, perangkat komputer yang akan didistribusikan ke Kabupaten Benteng nantinya berjumlah keseluruhan 80 unit. Dengan demikian, masing-masing sekolah akan mendapat 20 unit.\"Anggaran disiapkan dari APBN. Pembelian perangkat komputer juga masih menunggu petunjuk teknis dan petunjuk pelaksana,\" papar Saidirman.

Dengan adanya bantuan perangkat komputer, Saidirman memastikan bahwa sekolah pelaksana ujian nasional berbasis komputer (UNBK) ditahun 2020 nanti akan mengami penambahan. Jika saat ini baru 10 sekolah dari total 32 SMP di Kabupaten Benteng, paling tidak ditahun depan bertambah lagi 10 sekolah.\"Kendala utama dalam penerapan UNBK berasal dari kekurangan sarana dan prasarana, yakni perangkat komputer. Tanpa itu, UNBK tak bisa dilaksanakan,\" pungkasnya.

Terpisah, Kepala Sekolah (Kepsek) SMP Negeri 30 Benteng, Erriyanto SPd mengungkapkan hal senada. Saat ini, sekolahnya hanya memiliki 2 unit perangkat komputer yang digunakan oleh para guru setiap hari. \"Pada tahun ini, 54 siswa kami terpaksa melaksanakan UNKP karena syarat utama UNBK belum terpenuhi. Kedepan, kami berharap sekolah kami menjadi prioritas penerima bantuan pengadaan komputer. Paling tidak 20 unit,\" harap Erriyanto.(135)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: