Pedagang Kembali Ke Pasar Tais

Pedagang Kembali Ke Pasar Tais

\"pasarTAIS, BE- Sejumlah pedagang di Pasar Sembayat di Kelurahan Sembayat Kecamatan Seluma Timur yang telah dipindahkan Dinas Perindagkop dan UKM Seluma dari lokasi Pasar Tasi di Kelurahan Pasar Tais, kini kembali lagi menggelar dagangan di Pasar Tais. Akibatnya, program pemindahan pasar pun menjadi kembali gagal. Bahkan, pedagang di Pasar Tais Minggu (10/2) kemarin sudah kembali memenuhi lokasi pasar hingga hampir sampai ke halaman Masjid Raya Baitul Falihiiin Tais.

Hal tersebut diakui Kepala Dinas Perindagkop dan UKM Seluma, Drs Ramlan Fahmi. Diakuinya pula, memang beberapa waktu lalu pihaknya sudah mengklaim kalau kini sudah 90 persen pedagang di Pasar Tais bersedia pindah dengan sukarela ke Pasar Sembayat. Sehingga Pasar Sembayat sudah bisa berjalan dengan normal melalui program pemindahan pasar. Diakuinya, hanya beberapa pedagang saja yang memiliki rumah di lokasi pasar yang lama yang enggan pindah ke Pasar Sembayat.

Dikatakan Ramlan, pihaknya kini tengah mencari solusi lain untuk mengajak sejumlah pedagang agar hendak pindah ke Lokasi  Sembayat. Namun, katanya seharusnya para pedagang sudah bisa berfikir saat ini. Karena untuk ukuran sebuah kabupaten sudah selayaknya mempunyai pasar yang lebih kondusif dan representatif.

Sementara itu Ketua Komisi II DPRD Seluma, Jonaidi SP justru meminta Dinas Perindagkop dan UKM Seluma tak buru-buru memindahkan pasar sebelum ada aturan yang mengaturnya. Karena hal tersebut memang belum dibahas dalam Raperda Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) yang merupakan turunan dari Perda RTRW Seluma yang sudah disahkan.

“Yang jelas pemindahan pedagang tersebut tidak bisa segampang itu dan tak bisa gegabah. Kami minta lokasi yang lama tetap dijadikan pasar, tapi yang lebih modern dan nyaman. Tidak seperti sekarang becek dan berlumpur,” pinta Jonaidi. (333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: