Manfaatkan Posyandu

Manfaatkan Posyandu

\"\"BINTUHAN, Bengkulu Ekspress- Para ibu-ibu di Kabupaten Kaur khususnya yang memiliki balita diminta memanfaatkan keberadaan posyandu. Sebab, posyandu sangat penting sebagai ujung tombak kesehatan ibu dan anak. Namun sayangnya saat ini jumlah ibu-ibu yang mengunjungi posyandu terus menurun.

“Posyandu sangatlah penting sebab sebagai ujung tombak kesehatan ibu dan anak balita di wilayah masing-masing. Untuk itu, dapat memanfaatkan Posyandu sebaik mungkin,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kaur, Azwar S Sos kemarin (19/3).

Dikatakan Azwar, lemahnya keinginan dari masyarakat untuk memanfaatkan posyandu itu merupakan faktor utama. Yang menyebabkan keberadaan posyandu tidak begitu dirasakan manfaatnya. Sehingga banyak posyandu yang tidak digunakan semaksimal mungkin. “Ini tinggal keinginan masyarakat untuk memanfaatkan posyandu itu. Tugas pemerintah sudah berupaya memfasilitasi tempat dan tenaga medis serta sarana kesehatan lainnya,” terangnya.

Ditambahkannya, bahwa untuk menutupi kelemahan tersebut. Tentunya diharapkan peran aktif para aparatur pemerintah desa dan pemuka masyarakat untuk mendorong pemanfaatan posyandu. Agar kesehatan masyarakat terjaga dan terkontrol setiap saat. “Kita harapkan yang utama, masyarakat secara rutin memeriksakan kesehatan di posyandu terdekat. Juga peran aktif aparat pemerintah desa untuk menghimbau masyarakat memanfaatkan posyandu,” pungkasnya.(618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: