Daftar Haji, Berangkat Tahun 2030

Daftar Haji, Berangkat Tahun 2030

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress- Bagi masyarakat Kabupaten Kaur yang ingin berhaji dipaksa harus bersabar menunggu keberangkatan ke Tanah Suci. Sebab jika mendaftar tahun ini, calon jemaah haji (CJH) baru bisa berangkat tahun 2030. Karena, daftar tunggu pendaftar haji tahun ini hingga 11 tahun.

“Ya kalau daftar tahun ini, maka masuk nomor porsi tahun berangkat 2030 atau nunggu 11 tahun lagi, karena kuota haji kita penuh sampai 2029,” kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kaur H Zainal Abidin MH melalui Kaur Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) H. Muhammad Nasir SPd kemarin (18/3).

Dikatakan Nasir, untuk kuota haji 2029 sudah full dengan total waiting list mencapai 3.063 orang. Nah untuk kuota haji Kaur kini telah normal dan setiap tahunnya Kabupaten Kaur mendapatkan kuota 108 orang calon. Lamanya antrean haji ini karena semakin tingginya minat masyarakat untuk menunaikan ibadah haji.

“Untuk kuota kita tetap seperti tahun lalu yakni 108. Untuk pendaftar 2029 ini kini sudah fuul dan untuk 2030 sekarang sudah 11 orang,” terangnya.

Ditambahkannya, meskipun daftar tunggu sudah panjang, bagi warga Kaur yang mau daftar haji, Nazir menghimbau agar dapat segera mendaftarkan diri ke Kemenag Kaur, sehingga 11 tahun mendatang sudah bisa berangkat haji. Juga daftar gaji kini sudah bisa online dengan melalui Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat).

“Sekarang ini pendaftaran kita sudah pakai Siskohat. Bagi warga yang ingin daftar naik haji sekarang, harus setor uang awal dan syaratnya harus membawa e-KTP dan KK asal Kabupaten Kaur. Biaya ini menurun jika dibandingkan dengan BPIH tahun 2018 lalu,” jelasnya.(618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: