Badan Keuangan Daerah Sosialisasikan Aplikasi Persediaan

Badan Keuangan Daerah Sosialisasikan Aplikasi Persediaan

BENGKULU TENGAH, Bengkulu Ekspress - Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) kembali berinovasi. Salah satunya dalam penyampaian laporan pengelolaan aset.

Terhitung bulan Maret 2019 ini, penyampaian laporan persediaan oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sudah menggunakan aplikasi. Hal ini bertujuan untuk mempermudah para pengurus barang pengguna dalam menyampaikan laporan setiap bulan.

\"Selama ini, penyampaian laporan persediaan dari masing-masing OPD masih dilakukan secara manual. Setelah sosialisasi ini, penyusunan laporan dilakukan dalam sebuah aplikasi yang kami siapkan. Dengan adanya terobosan ini, kami harap penyampaian laporan persediaan setiap bulan bisa dilakukan tepat waktu,\" kata Kepala Bidang (Kabid) Aset BKD Kabupaten Bengkulu tengah, Henri Bela SSos, kemarin.

Dijelaskan Henri, persediaan diklasifikasikan menjadi 3 jenis yakni barag pakai habis yang meliputi alat/bahan untuk kegiatan kantor, kertas dan cover, bahan cetak, benda pos, persediaan dokumen/administrasi tender, bahan komputer, perabot kantor, alat listrik, perlengkapan dinas, perlengkapan pendukung olahraga, souvenir/cindera mata, obat-obatan, persediaan untuk dijual atau diserahkan serta persediaan dalam proses.

\"Jenis persediaan juga bisa dalam bentuk barang tak habis pakai dan barang bekas pakai,\" terangnya.

Pantauan Bengkulu Ekspress, sosialisasi berlangsung lancar dengan diikuti oleh puluhan aparatur sipil negara (ASN) dari 39 OPD lingkungan Pemda Bengkulu tengah. Peserta yang hadir diantaranya adalah pengurus barang pengguna, pembantu pengurus barang pengguna serta pengguna barang persediaan.

BKD Kabupaten Benteng juga menghadirkan narasumber berkompeten, yakni Nur Fajariyanto dan M Ali Agil Prasetyo dari Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jendral (Ditjen) Perbendaharaan Negara Provinsi Bengkulu. Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Kepala BKD Kabupaten Bengkulu tengah, Welldo Kurniyanto SE MM menyampaikan hal senada.

Dikatakan Welldo, penggunaan aplikasi persediaan diharapkan mampu memperbaiki laporan pencataan persediaan yang sebelumnya dilakukan tanpa aplikasi. \"Perlu diketahui, laporan aset sangat penting dan merupakan salah satu komponen penyusunan keuangan dari Pemerintah Daerah. Kalau persediaan sudah tercatat rapi dan bagus, Insya Allah laporan aset dan laporan keuangan (LK) Pemda Bengkulu tengah juga bagus,\" pungkas Welldo.(135)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: