Anggaran Kelurahan Bangun Kantor

Anggaran Kelurahan Bangun Kantor

TAIS, BE- Anggaran yang akan diberikan kepada kelurahan sebesar Rp 5 miliar dalam RAPBD 2013, akan dialokasikan untuk kegiatan pembangunan kantor lurah. Pasalnya, kini kantor lurah yang ada sudah tak sesuai lagi digunakan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Sehingga membutuhkan perbaikan dan bangun kantor yang baru.

Masing-masing kelurahan akan dijatah Rp 250 juta. Seluruh kelurahan yang jumlahnya 20 kelurahan yang ada masing-masing membutuhkan gedung kantor baru. Terutama bagi 17 kelurahan yang baru diresmikan sejak tahun 2011 lalu. “Jika dana tersebut cair, maka tak ada kata lain kita akan melakukan pembangunan kantor kelurahan. Selain itu, juga mendirikan sejumlah balai desa yang saat ini hanya menggunakan kediaman kades sebagai balai desa,” ujar Sekkab Seluma Drs H Mulkan Tajudin MM.

Dijelaskan Sekkab, Sektor yang langsug memberikan pelayanan kepada masyarakat, harus ditingkatkan sarana pendukungnya. Seperti kantor lurah dan kantor desa.  Sedangkan untuk anggaran desa, Sekkab mengatakan tetap akan diberikan sebesar Rp 160 juta setahun dalam RAPBD tahun 2013 ini. Anggaran tersebut digunakan untuk pemerataan pembangunan sarana di desa yang selama ini belum pernah dibangun dan belum sempat diperhatikan oleh pemerintah.

“Sedangkan untuk desa, akan digunakan keperluan pembagunan sarana infrastruktur. Misalnya membangun jalan atau juga kepentingan umum yang lainnya,” tegasnya Lebih lanjut, Mulkan mengatakan jika program tersebut lancar dilaksanakan di tahun 2013 ini dam seluruh kepala desa dan lurah dapat mempertanggungjawabkan penggunaan anggarannya.

Maka tahun 2014 mendatang akan diprogramkan lagi anggaran khusus bagi desa dan kelurahan seperti tersebut. “Tergantung pertanggungjawabannya, kalau sesuai dan tidak ada masalah, tahun depan dilaksanakan lagi,” katanya.(333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: