Tim KARS Datangi RSUD Curup

Tim KARS Datangi RSUD Curup

CURUP, Bengkulu Ekspress- Tim Surveior Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) mendatangi RSUD Curup, Senin (17/12). Kedatangan Tim KARS ke RSUD Curup tersebut, melakukan penilaian akreditasi untuk RSUD Curup. Tim Surveior KARS tersebut, dr Zainal Abidin Sp THT sebagai Ketua Tim. Kemudian Dr dr Purwadi SstMk MS MARS, Ns Siti Komariah SKep MARS dan dr Suprapto Wibowo, SpTHT-KL.

Direktur RSUD Curup drg Asep Setia Budiman menjelaskan, dalam proses penilaian akreditasi, tim yang terdiri dari empat orang itu, melakukan penilaian versi Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS). \"Dalam penilaian akreditas yang dimulai hari ini telah menggunakan sistem SNARS,\" sampai Asep.

Menurut Asep, proses penilaian akreditasi untuk RSUD Curup sendiri akan dilaksanakan selama 4 hari. Dari persiapan yang telah mereka lakukan, Asep optimis RSUD Curup akan mendapat akreditasi tingkat paripurna.\"Kita optimis dari penilaian tim surveor ini kita akan mendapat akreditasi dengan tingkat paripurna,\" sampai Asep.

Dijelaskan Asep, untuk mendapatkan predikat akreditasi paripurna tersebut, baik manajemen maupun tim akreditasi RSUD Curup telah melakukan sejumlah persiapan yang telah dilakukan sejak jauh hari. Seperti meningkatkan pelayanan, mengikuti berbagai workshop, bimtek, dan survei simulasi.

\"Dengan segala upaya yang telah kami lakukan, kami berharap nantinya bisa menghasilkan apa yang kita harapkan yaitu mendapat akreditasi tingkat paripurna,\" harap Asep.

Ketua Tim Surveor KARS dr Zainal Abidin SP THP menjelaskan, akreditasi merupakan suatu sistem yang mengubah budaya yang sebelumnya tidak menuhi standar menjadi standar. Standar dimaksud segala sesuai yang sesuai dengan peraturan yang berlaku terhadap sistem yang diakreditasi tersebut. \"Kita datang ke RSUD Curup ini untuk melihat sejauh mana dari penerapan peraturan terkait dengan pelayanan yang dilakukan di RSUD Curup ini apakah semuanya sudah memenuhi standar atau tidaknya,\" sampai Zainal.

Dijelaskan Zainal, dalam proses penilaian tersebut, setidaknya ada 16 aspek yang ada di RSUD Curup yang mereka nilai. Bila 16 aspek tersebut sudah dipenuhi RSUD Curup, maka RSUD Curup mendapat akreditasi tingkat paripurna atau bintang lima.

Disisi lain, Wakil Bupati Rejang Lebong H Iqbal Bastari SPd MM memastikan saat ini pelayanan yang diberikan RSUD Curup sudah baik dalam segala bidang. Bahkan menurutnya sudah sesuai dengan standar yang berlaku. Dalam pelayanannya, sumber daya manusia yang sudah memadai, jumlah dokter yang bertugas di RSUD Curup hingga sarana dan prasarana yang dimiliki RSUD Curup pun sudah cukup. \"Dengan segala upaya yang kita lakukan. Kita berharap RSUD Curup, bisa mendapat akreditasi tingkat paripurna sebagaimana yang kita semua harapkan,\" sampai Wabup. (251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: