Budidaya Ikan Patin Mulai Diminati

Budidaya Ikan Patin Mulai Diminati

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress – Upaya Pemda Bengkulu Selatan (BS) untuk menjadikan Bengkulu Selatan sentra produksi ikan patin mulai diminati petani ikan. Pasalnya saat ini sudah ada ratusan ribuan petani ikan yang siap membudidayakan ikan patin di kolamnya.

“ Yang terdaftar sudah ada 117 Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan),” kata Kepala Dinas Perikanan Bengkulu Selatan, Novianto S Sos MSi.

Novianto mengatakan, dari 117 pokdakan tersebut, setiap pokdakan beranggotakan 22 petani ikan. Sehingga totalnya sekitar 2 ribu petani. Petani ikan ini tersebar di 3 Kecamatan dalam wilayah Bengkulu Selatan yakni, Kedurang, Seginim dan Air Nipis. “ Masing-masing Pokdakan memiliki lahan minimal 1,5 Hektar dengan masing anggota memiliki minimal 2 kolam,” ujarnya.

Novianto menambahkan, pada tahun 2019 mendatang, pihaknya berencana memfasilitasi pembelian bibit ikan patin. Dirinya akan menjadikan 48 petani ikan sebagai pilot project budidaya ikan patin di Bengkulu Selatan. Program yang dirancang yakni membesaran bibit. Ada 3 lokasi pembesaran bibit ikan patin tersebut yakni di Balai Benih ikan (BBI) milik Pemda Bengkulu Selatan di Desa Darat Sawah Seginim, di Desa Rantau Sialang Kedurang dan di Pematang Gampir Kecamatan Air Nipis.

“ Kita akan memalukan pembinaan kepada petani ikan untuk pembibitan, setelah 2 bulan bibit disalurkan ke petani ikan di BS, sehingga petani ikan tidak kesulitan mendapatkan bibit ikan patin,” terang Novianto. (369)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: