Rafflesia Gadutensis Kembali Mekar

Rafflesia Gadutensis Kembali Mekar

ARMA JAYA, Bengkulu Ekspress- Rafflesia jenis Gadutensis mekar kembali di kawasan objek wisata Palak Siring Kemumu, Kecamatan Arma Jaya, Kabupaten Bengkulu Utara (BU). Bunga Rafflesia jenis Gadutansis ini adalah bunga pertama yang mekar di bulan November dan sudah tiga hari mekar.

Seorang anggota Komunitas Pecinta Puspa Langka (KPPL) Bengkulu Utara, Agung mengatakan, bunga ini mekar dengan diameter 60 cm dan tumbuh pada posisi berada di pinggir tebing. Sehingga agak sulit untuk dijangkau dan tidak dilihat langsung oleh pengunjung.

\"Ya, bunga ini adalah bunga pertama yang mekar di bulan November dan sudah 2 hari mekar,\" kata Agung.

Agung menambahkan, bunga Rafflesia jenis Gadutensi ini mekar sudah diprediksikan seminggu yang lalu. \"Kami sudah prediksikan bunga ini mekar, karena dalam minggu terakhir ini kami selalu memantauperkembangannya,\" ungkapnya.

Lebih lanjut Agung menyampaikan, bunga ini memiliki bentuk condong kebawa karena posisinya di tebing.Karena Rafflesia jenis Gadutensis merupakan jenis yang memang tumbuh dilereng tebing dan itu merupakan ciri-ciri dari Rafflesia jenis Gadutensis. Jenis Gadutensis ini juga berbeda dengan bunga Rafflesia jenis lainnya lainnya karena jenis ini cendrung berbentuk mangkok yang tidak sempurna, yakni lebih cenderung condong ke bawah.

\"Jadi bunga ini juga adalah bunga pertama yang mekar di kawasan objek wisata kemumu. Karena sehabis kejadian kerusakan beberapa bulan lalu, tidak ada satu pun bunga yang mekar dan ini adalah bunga pertama yang mekar,\" ujarnya.

Sementara itu, salah satu pengujung Doni mengaku, sangat senang bunga Rafflesia di kawasan objek wisata ini dapat mekar kembali, apalagi bunga ini mekar dengan ukuran yang lumayan besar. \"Saya senang sekali bisa melihat bunga rafjlesia bisa mekar kembali di lokasi objek wisata Kemumu ini,\" pungkas Doni.(127)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: