PKH Tahap IV Dipangkas

PKH Tahap IV Dipangkas

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress - Pencairan bantuan sosial (Bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) Tahap IV pada bulan November ini, bakal ada pemangkasan anggaran dari pihak Kementerian Sosial. Seharusnya tahap ke IV diterima sebesar Rp 390 ribu untuk setiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM), maka dipangkas menjadi Rp 260 ribu.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Bengkulu Utara (BU), Ir Suharto Handayani ketika ditemui Bengkulu Ekspress, kemarin (6/11)\"Jadi, ada pengurangan sekitar Rp 130 ribuan per KPM,\" katanya.

Suharto menambahkan, dari hasil komunikasi yang dilakukan pihaknya dengan Kemensos, permasalahan itu terjadi lantaran adanya kebijakan pusat di bidang keuangan menyikapi beberapa bencana yang terjadi di beberapa wilayah Indonesia, mulai dari musibah gempa di Gorontalo hingga gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah (Sulteng).\"Hal ini lantaran ada kebijakan dari pusat,\" ujarnya.

Menurut Suharto, data terkini setelah dilakukan reasionalisasi hasil validasi data penerima PKH, untuk Bengkulu Utara jumlahnya menjadi lebih kurang sebanyak 16.774 KPM. Dari total itu, kebijakan pemerintah pusat yang agaknya sudah final itu, menyebabkan setiap penerima program akan menerima PKH sebesar Rp 260-an ribu setiap KPM. Selisih Rp 130 ribu per KPM, jika ditotalkan menjadi Rp 2,2 miliar.

\"Ini harus diinformasikan. Agar masyarakat mengetahui, sehingga tidak timbul pertanyaan negatif, kok kurang. Karena semestinya bantuan tahap IV ini sebesar Rp 390 ribu,\" tukasnya.(cw1)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: