Bupati Ajak Tingkatkan Konsumsi Ikan

Bupati Ajak Tingkatkan Konsumsi Ikan

DKPP Gelar Lomba Masak Serba Ikan

PONDOK KELAPA, Bengkulu Ekspress - Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) menggelar lomba masak serba ikan di Pusat Pendaratan Ikan (PPI) Kematan Pondok Kelapa, Kabupaten Bengkulu tengah, Kamis (11/10).

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Benteng, Dr H Ferry Ramli SH MH mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu wadah yang tepat untuk melihat kreasi masyarakat dalam membuat berbagai makanan olahan ikan.

Semakin banyak variasi makanan, kata Bupati, masyarakat juga akan semakin bergairah dalam mengkonsumsi makanan yang berasal ikan hasil tangkapan nelayan. Sebab itulah, masyarakat harus pandai mengolah ikan menjadi berbagai olahan agar tidak amis, enak serta digemari oleh anak-anak yang membutuhkan kandungan gizi dari ikan.

\"Konsumsi ikan harus ditingkatkan, sebab makanan yang berasal dari olahan ikan memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan dan kebutuhan nutrisi tubuh,\" kata Bupati.

Menyadari hal itu, lanjut Bupati, pihaknya mengharapkan agar masyarakat bisa memahami pentingnya ikan, baik ikan yang ada berasal dari laut lepas maupun ikan tawar. Bupati meminta agar DKPP Kabupaten Benteng beserta segenap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk menggencarkan sosialisasi kepada seluruh masyarakat Benteng.

\"Silakan kepada DKPP untuk rutin menggelar sosialisasi di seluruh kecamatan se-Kabupaten Bengkulu tengah. Bisa saja berkerjasama dengan TP PKK kecamatan serta TP PKK tingkat desa,\" terang Bupati.

Sementara itu, Kepala DKPP Kabupaten Benteng, H Nirzawan SH MH mengungkapkan hal senada. Menurutnya, minat masyarakat Bengkulu tengah dalam mengkonsumsi ikan masih rendah jika dibandingkan dengan konsumsi ikan rata-rata di tingkat nasional.

\"Dari hasil pendataan, konsumsi ikan masyarakat di Kabupaten Benteng adalah 27 kilogram perkapita. Sedangkan tingkat nasional, konsumsi ikan sudah mencapai 47 kilogram perkapita. Sebab itu, masyarakat harus lebih kreatif dalam mengolah ikan agar lebih digemari,\" imbau Nirzawan.(135/krn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: