Warga Butuhkan Rp 339 Ribu/bulan

Warga Butuhkan Rp 339 Ribu/bulan

LEBONG, Bengkulu  Ekspress– Berdasarkan hasil perhitungan dan survei yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS) Lebong, untuk bisa mencukupi kebutuhan konsumsi setiap orang masyarakat Lebong rata-rata membutuhkan Rp 339 ribu lebih per kapita setiap bulannya.

Kepala BPS Kabupaten Lebong, Ir Sriwiyana Teguh Ananto MSi mengatakan, bahwa untuk konsumsi masyarakat ada dua kategori, yaitu makanan (bahan mentah) atau bukan makanan yang telah jadi seperti nasi bungkus atau yang lainnya. Sementara untuk non makanan seperti kebutuhan pendidikan dasar, perumahan ataupun kesehatan.

“Dari dua faktor inilah kita dapatkan rata-rata kebutuhan sebesar Rp 339 ribu yang dibutuhkan masyarakat di Kabupaten Lebong setiap bulan,” jelasnya, kemarin (30/09).

Selama ini, masih banyak yang menafsirkan dalam penghitungan konsumsi makanan pada makanan yang sudah jadi (contoh nasi bungkus). Padahal cara menghitung pihak BPS berdasarkan bahan mentah seperti bawang, sayuran, beras, minyak goreng, telur serta yang lainnya. “Jadi penghitungan bahan mentah, bukan bahan yang telah jadi,” tuturnya.

Walaupun kebutuhan sebesar Rp 339 ribu yang harus dimiliki masyarakat Lebong setiap bulannya. Namun untuk tahun 2017 ini BPS mencatat angka kemiskinan di Kabupaten Lebong mengalami penurunan dengan persentase 11,83 persen atau jumlah penduduk 13, 31 ribu orang menurun dari tahun 2016 yang lalu sebanyak 13,56 ribu orang atau 12,26 persen.

“Itu hasil survei yang kita lakukan di tahun 2017, sementara untuk tahun 2018 masih berjalan hingga akhir tahun mendatang,” ucapnya.

Menurutnya, angka kemiskinan di Kabupaten Lebong didukung beberapa faktor seperti kemampuan pemerintah Kabupaten Lebong yang bisa mengendalikan harga, terutama harga pangan yang dapat membuat meningkatnya daya beli masyarakat.“Itu salah satu faktor pendukung yang sangat mendukung,” sampai Sriwiyana. (614)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: