Dua Desa Tak Bisa Cairkan DD

Dua Desa Tak Bisa Cairkan DD

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress - Desa Karya Pelita Kecamatan Putri Hijau dan Desa Bukit Berlian Kecamatan Napal Putih di Kabupaten Bengkulu Utara (BU) tak kunjung mencairkan Dana Desa (DD) untuk tahap ke 2. Dua desa ini mengalami kendala karena kasus yang terjadi di desa tersebut yang belum tuntas.

Hal ini dibenarkan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Bengkulu Utara, Ir Budi Sampurno melalui sekretarisnya, Drs Ahmad Bastari. \"Saat ini kedua desa tersebut belum bisa mencairkan dana desa tahap 2,\" katanya.

Terkait permasalahan tersebut, Bastari menjelaskan, khusus untuk Desa Bukit Berlian sampai saat ini kepala desanya belum diketahui keberadaannya, dan pencairan tidak bisa diwakilkan sedangkan kades ini dinilai masih sah sebagai kades di desa tersebut. Kasus ini sudah ditangani oleh pihak Inspektorat Bengkulu Utara.

Sedangkan untuk Desa Karya Pelita juga masih mengalami permasalahan lantaran adanya dugaan penggelapan, bahkan menurutnya khusus untuk desa ini bukan hanya untuk tahap 2 tetapi juga sejak tahap 1 lalu.

\"Karena memang fungsi kades adalah sebagai penentu kebijakan dan pemberi keputusan termasuk dalam pencairan dana ADD/DD,\" jelasnya.

Bastari juga mengimbau kepada seluruh desa yang ada di Kabupaten Bengkulu Utara agar dalam membuat segera membuat laporan tahap 1 dan 2 sebagai persyaratan pencairan tahap 3 yang rencananya pertengahan September ini.

\"Untuk tahap ke-3 ini kita berharap agar desa-desa lainnya jangan terlambat lagi, jangan saling tunggu, ketika realisasi semuanya rampung segera buat laporan untuk tahap 1 dan 2 sebagai persyaratan pencairan karena rencananya pertengahan bulan ini sudah pencairan,\" imbuhnya.(cw1)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: